Peningkatan Kemampuan Kognitif Dengan Menggunakan Kartu Angka Bergambar Pada Anak Kelompok B Di Tk Maria Assumpta Klaten Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | karsiyem, Yacintha |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21303/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/2/BAB__I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/15/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21303/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan kartu angka bergambar pada anak kelompok B TK Maria Assumpta Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok BI (St.Antonio) TK Maria Assumpta Klaten yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif aspek berhitung pada anak kelompok BI TK Maria Assumpta melalui kartu angka bergambar. Sebelum tindakan, kemampua kognitif aspek berhitung hanya dimiliki 5 anak (57,78%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menggunakan kartu angka bergambar paada siklus I kemampuan kognitif aspek berhitung meningkat menjadi 11 anak (69,37%), dan siklus II meningkat menjadi 21 anak (74%). Berdasarka hasil analisis data pada pada peelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui penerapan kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuam kognitif anak pada aspek berhitung pada anak kelompok BI TK Maria Assumpta Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 “terbukti dan dapat diterima kebenarannya.