Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok B Di TK Trisula Perwari I Jonggrangan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Suratmi, Suratmi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21266/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/17/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/20/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/21/LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/23/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21266/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran dengan media papan tulis dan kapur ternyata hanya menghasilkan 42% anak yang mampu berhitung permulaan dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu berhitung permulaan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan kartu angka dan gambar pada anak kelompok B di TK Trisula Perwari I Jonggrangan Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan seting di TK Trisula Perwari I Jonggrangan Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten. Data tentang perilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan berhitung permulaan dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan teknik analisis kritis untuk proses dan teknik analisis komparatif untuk dampak yaitu kemampuan berhitung permulaan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan kartu angka dan gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di TK Trisula Perwari I Jonggrangan Klaten tahun ajaran 2012/2013. Adapun langkah-langkah penggunaan kartu angka dan gambar yang berhasil adalah sebagai berikut: (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasana yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan penunjang, (e) menugaskan anak menghubungkan gambar dengan lambang bilangan, (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu.