Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas V SD N 1 Kemudo Prambanan tahun pelajaran 2012/2013, menggunakan penerapan metode Group Investigation(GI). Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 1 Kemudo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawncara dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan metode GI sebanyak 25 % sudah mencapai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 50% dan pada siklus II sebanyak 83% siswa yang sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini hasil belajar meningkat sebanyak 58%, hipotesis yang menyatakan “ Melalui penerapan metode GI pada materi ketrampilan penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester gasal SD Negeri 1 Kemudo tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.