Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mendeskripsikan fungsi dan makna prefiks karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) untuk mengetahui fungsi dan makna prefiks yang paling dominan yang digunakan dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, yaitu dengan menyimak dan membaca karangan narasi yang telah dibuat oleh siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, kemudian dilanjutkan dengan teknik catat yaitu pencatatan kata yang mengandung prefiks dalam karangan narasi tersebut. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis mengalir. Hasil penelitian ini menemukan data sebagai berikut: (1) dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, prefiks yang sering muncul dan digunakan oleh siswa adalah prefiks ber-, meN-, se-, ter-, pe-, dan di-; (2) prefiks yang paling banyak dipakai adalah prefiks ber- dan meN-; (3) fungsi yang paling dominan pada prefiks ber- yang dipakai dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono adalah fungsi di mana jika prefiks ber- bertemu dengan kata benda atau kata bilangan, prefiks ber- berfungsi membentuk kata kerja atau kata sifat, sedangkan fungsi dominan pada prefiks meN- adalah fungsi di mana prefiks meN- membentuk kata kerja aktif transitif; dan (4) makna yang paling dominan muncul pada prefiks ber- dan meN- yang dipakai dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono adalah makna ‘melakukan tindakan/ kegiatan