Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Ngaren, Pedan, Klaten Tahun Ajaran 2012 – 2013
Main Author: | Rantinem, Rantinem |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21228/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21228/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian kelas IV SD N 1 Ngaren, Pedan, Klaten. Jumlah guru SD N 1 Ngaren terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 6 guru kelas, 1 guru Agama Islam, 1 guru Penjas dan 3 guru WB. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2012, siklus 2 dilaksanakan tanggal 11 Oktober 2012. Hasil tindakan menunjukkan keberhasilan pada pembelajaran pada pra siklus aktiitas rata-rata 64,6 % siklus 1 rata-rata 73,8 %, siklus 2 rata-rata 90,7 %. Pra siklus ke siklus 1 naik 9,2 %, siklus 1 ke siklus 2 meningkat menjadi 16,9 %. Pelaksanaan pembelajaran pra siklus rata-rata 57,69, siklus 1 rata-rata 69 23, siklus 2 rata-rata 80. Dari pra siklus 24 % meningkat menjadi 54 % pada siklus 1, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 100 %.