Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Sumber Daya Alam Di Lingkungan Setempat Kelas IV SD Negeri 1 Keprabon Polanharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Susiati, Datik
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21222/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21222/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materisumber daya alam di lingkungan setempat dengan menerapkan metode Tanya jawab. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN 1 Keprabon berjumlah 23 siswa. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitianini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada materi sumber daya alam di lingkungan setempat. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 67% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 68,2%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 81,43% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi sumber daya alam di lingkungan setempat.