Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Main Author: Sari, Nur Indah
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21167/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/14/JURNAL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/
ctrlnum 21167
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21167/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model &#xD; Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012&#xD; </title><creator>Sari, Nur Indah </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam &#xD; pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang sumber daya alam &#xD; melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa &#xD; kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012 Kecamatan &#xD; Pulokulon Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian ini adalah guru dan &#xD; siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon yang berjumlah 29 siswa.&#xD; Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, &#xD; pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui &#xD; wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang &#xD; digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan &#xD; dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model&#xD; pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil &#xD; belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran &#xD; 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran &#xD; sebelum tindakan sebesar 45% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I&#xD; yaitu putaran I sebesar 51% dan putaran II sebesar 72% dan diakhir tindakan &#xD; pada siklus II putaran I sebesar 86% dan putaran II sebesar 90%. &#xD; Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator &#xD; And Explaining pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat &#xD; meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun &#xD; pelajaran 2011/2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/14/JURNAL.pdf</identifier><identifier> Sari, Nur Indah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080077</relation><recordID>21167</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sari, Nur Indah
title Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/21167/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/14/JURNAL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21167/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang sumber daya alam melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012 Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 45% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu putaran I sebesar 51% dan putaran II sebesar 72% dan diakhir tindakan pada siklus II putaran I sebesar 86% dan putaran II sebesar 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012.
id IOS2728.21167
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:15Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:16Z
recordtype dc
_version_ 1765810731959189504
score 17.538404