Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012
Main Author: | Sari, Nur Indah |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21167/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/14/JURNAL.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/ |
ctrlnum |
21167 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21167/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model 
Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012
</title><creator>Sari, Nur Indah </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam 
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang sumber daya alam 
melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa 
kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012 Kecamatan 
Pulokulon Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian ini adalah guru dan 
siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon yang berjumlah 29 siswa.
Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, 
pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui 
wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang 
digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan 
dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil 
belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 
2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran 
sebelum tindakan sebesar 45% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I
yaitu putaran I sebesar 51% dan putaran II sebesar 72% dan diakhir tindakan 
pada siklus II putaran I sebesar 86% dan putaran II sebesar 90%. 
Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator 
And Explaining pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat 
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun 
pelajaran 2011/2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21167/14/JURNAL.pdf</identifier><identifier> Sari, Nur Indah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080077</relation><recordID>21167</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sari, Nur Indah |
title |
Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/21167/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/14/JURNAL.pdf http://eprints.ums.ac.id/21167/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang sumber daya alam
melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa
kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012 Kecamatan
Pulokulon Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon yang berjumlah 29 siswa.
Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang
digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan
dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran
2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran
sebelum tindakan sebesar 45% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I
yaitu putaran I sebesar 51% dan putaran II sebesar 72% dan diakhir tindakan
pada siklus II putaran I sebesar 86% dan putaran II sebesar 90%.
Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator
And Explaining pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun
pelajaran 2011/2012. |
id |
IOS2728.21167 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:44:15Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:44:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810731959189504 |
score |
17.538404 |