Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Guide Note Taking Dengan Media Pull-Tab Book Pada Pokok Bahasan Fotosintesis Siswa Kelas Viiif Smp Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Kurniawan, Yulia |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21157/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/14/Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/21157/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Fotosintesis dengan penggunaan strategi Guide Note Taking dengan media Pull-tab Book siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Guide Note Taking dengan media Pull-tab Book yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rerata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 76,93 dari nilai awal sebesar 68,9; sedangkan nilai rerata afektif sebesar 3,02 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rerata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 81,17 dari siklus I yang hanya 76,93; sedangkan nilai rerata afektif meningkat menjadi 3,53 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Guide Note Taking dengan media Pull-tab Book dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.