Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan)
Main Author: | Anggraini, Ria Dwi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21141/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/18/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/ |
ctrlnum |
21141 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21141/</relation><title>Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan) 

</title><creator>Anggraini, Ria Dwi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi tindakan, refleksi dan evaluasi. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhi rsiklus ke-tiga, siswa yang mempersiapkan diri ketika pelajaran akan dimulai 47,05 dari 23,52 % sebelum tindakan, siswa yang memperhatikan pada saat proses pembelajaran sebanyak 44,11% dari 14,70%, siswa yang mempunyai keberanian mengungkapkan ide atau gagasan sebanyak 64,70% dari 44,11%, siswa yang aktif menyelesaikan soal matematika sebanyak 70,58% dari 17,64%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Role Reversal Questions dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/18/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Anggraini, Ria Dwi (2012) Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080081</relation><recordID>21141</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Anggraini, Ria Dwi |
title |
Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/21141/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/18/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21141/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi tindakan, refleksi dan evaluasi. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhi rsiklus ke-tiga, siswa yang mempersiapkan diri ketika pelajaran akan dimulai 47,05 dari 23,52 % sebelum tindakan, siswa yang memperhatikan pada saat proses pembelajaran sebanyak 44,11% dari 14,70%, siswa yang mempunyai keberanian mengungkapkan ide atau gagasan sebanyak 64,70% dari 44,11%, siswa yang aktif menyelesaikan soal matematika sebanyak 70,58% dari 17,64%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Role Reversal Questions dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar.
|
id |
IOS2728.21141 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:44:15Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:44:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810731871109120 |
score |
17.538404 |