Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan)

Main Author: Anggraini, Ria Dwi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21141/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/18/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/
ctrlnum 21141
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21141/</relation><title>Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan) &#xD; &#xD; </title><creator>Anggraini, Ria Dwi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi tindakan, refleksi dan evaluasi. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhi rsiklus ke-tiga, siswa yang mempersiapkan diri ketika pelajaran akan dimulai 47,05 dari 23,52 % sebelum tindakan, siswa yang memperhatikan pada saat proses pembelajaran sebanyak 44,11% dari 14,70%, siswa yang mempunyai keberanian mengungkapkan ide atau gagasan sebanyak 64,70% dari 44,11%, siswa yang aktif menyelesaikan soal matematika sebanyak 70,58% dari 17,64%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Role Reversal Questions dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21141/18/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Anggraini, Ria Dwi (2012) Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080081</relation><recordID>21141</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Anggraini, Ria Dwi
title Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/21141/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/18/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21141/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi tindakan, refleksi dan evaluasi. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhi rsiklus ke-tiga, siswa yang mempersiapkan diri ketika pelajaran akan dimulai 47,05 dari 23,52 % sebelum tindakan, siswa yang memperhatikan pada saat proses pembelajaran sebanyak 44,11% dari 14,70%, siswa yang mempunyai keberanian mengungkapkan ide atau gagasan sebanyak 64,70% dari 44,11%, siswa yang aktif menyelesaikan soal matematika sebanyak 70,58% dari 17,64%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Role Reversal Questions dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar.
id IOS2728.21141
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:15Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:16Z
recordtype dc
_version_ 1765810731871109120
score 17.538404