Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Lumbungkerep, Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Purwanto, Purwanto |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21055/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21055/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 2 Lumbungkerep Wonosari Klaten dengan menerapkan metode pembelajaran Talking Stick. 2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Lumbungkerep Wonosari Klaten dengan menerapkan metode pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber di penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Lumbung Kerep, Wonosari, Klaten Tahun 2012/2013. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) Peningkatan aktivitas siswa untuk membaca materi mencapai 9 siswa (78,26%), aktivitas siswa mendengarkan diskusi mencapai 11 siswa (73,91%), Peningkatan hasil belajar dari pra siklus (35%), ke siklus I (75%) dan ke siklus II (85%). Penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 2 Lumbung Kerep, Wonosari, Klaten tahun 2012/2013