Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif padawacana pembukaan proses belajar-mengajar di kalangan anak SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012, (2) mendeskripsikan strategi tindak tutur direktif padawacana pembukaan proses belajarmengajar di kalangan anak SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012. Data pada penelitian ini berupa, tuturan direktif pada wacana pembukaan proses belajar-mengajar guru SMP kelas VII. Sumber data penelitian ini berupa wacana pembukaan proses belajar-mengajar guru kelas VII SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) bentuk tuturan direktif pada wacana pembukaan proses belajar-mengajar di kalangan anak SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012 sejumplah 72 data tuturan direktif dengan kategoti TTD memerintah 49%, meminta 12,5%, mengajak 8%, memberi nasihat 17%, menegur 8% , dan melarang 5,5%, (2) strategi tuturan direktif yang digunakan pada wacana pembukaan proses belajar-mengajar di kalangan anak SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012adalah strategi tuturan direktif langsung 51% dan tak langsung 49% dengan modus tanya, perintah, dan berita.