Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Haryani, Erna Fitri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20983/1/03.HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/2/04.BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/3/05.BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/4/06.BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/5/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/6/08.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/8/09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/10/10.LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/11/02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20983/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII? 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII? 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII? Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 259 siswa dalam mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2012. Sampel diambil sebanyak adalah 155 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = -2,295 + 1,023 X1 + 1,754 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kreativitas dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,557 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 25,99%. 2) “ Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 11,805 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 43,81%. 3) “ Ada pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 179,308 > 3,06 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,698 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kreativitas motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII adalah sebesar 69,8%, sedangkansisanya 30,2% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya atau yang tidak diteliti.