MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA PADA SISWA KELAS XII SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Author: | Winarni, Wiwin |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20886/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/8/Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20886/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui bagaimana pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. 2) Mengetahui bagaimana pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. 3) Mengetahui bagaimana pengaruh prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak adalah 50 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,784 + 0,115X1 + 0,171X2. Persamaan menunjukkan bahwa minat siswa dipengaruhi oleh prestasi belajar dan status sosial ekonomi. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,821 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,042 dengan sumbangan efektif sebesar 16,81%. 2) “ Ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,704 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,048 dengan sumbangan efektif sebesar 12,99%. 3) “ Ada pengaruh prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 7,219 > 3,230 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,298 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh prestasi belajar dan status sosial ekonomi secara bersamasama terhadap minat siswa adalah sebesar 29,8%, sedangkan 70,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. .