Pengelolaan Pembelajaran Kimia Berbasis Chemoentrepreneurship Di Sma Negeri 1 Kartasura
Daftar Isi:
- Ada 4 tujuan penelitian yang ingin dicapai; (1) mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran kimia berbasis chemoentrepreneurship (CEP) di SMA Negeri 1 Kartasura; (2) mendeskripsikan karakteristik perencanaan pembelajaran kimia berbasis chemoentrepreneurship (CEP) di SMA Negeri 1 Kartasura; (3) mendeskripsikan karakteristik proses pelaksanaan pembelajaran kimia berbasis chemoentrepreneurship (CEP) di SMA Negeri 1 Kartasura; (4) mendeskripsikan karakteristik evaluasi pelaksanaan pembelajaran kimia berbasis chemoentrepreneurship (CEP) di SMA Negeri 1 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan etnografi. Pelaksanaan di SMA Negeri 1 Kartasura Sukoharjo. Subjek data penelitian adalah kepala sekolah, guru kimia, dan siswa di SMA Negeri 1 Kartasura, Sukoharjo. Pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) karakteristik perencanaan pembelajaran kimia berbasis CEP di SMA Negeri 1 Kartasura meliputi Chemo Enterpreneurship (CEP), kewirausahaan yang terkait dengan kimia. Koloid dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan sebagai es krim, sedangkan elektrolisa ditunjukkan dengan penyepuhan; (2) karakteristik proses pelaksanaan pembelajaran kimia berbasis CEP di SMA Negeri 1 Kartasura dengan cara memotivasi siswa dengan cara menjelaskan daya guna materi pelajaran kimia untuk kewirausahaan seperti lapis listrik (electroplating); (3) karakteristik evaluasi pelaksanaan pembelajaran kimia berbasis CEP di SMA Negeri 1 Kartasura dilakukan dengan membagikan soal dalam bentuk pilihan ganda, essay, dan praktikum.