Kebijakan Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pemalang (studi kasus Implementasi Komunikasi Organisasi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang)
Main Author: | Oktaviana, Risa |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20614/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/8/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/13/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/17/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/19/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20614/ |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini, peneliti ingin menggali proses komunikasi organisasi kebijakan promosi objek wisata di Kabupaten Pemalang; melalui tiga tahap. Pertama, perumusan kebijakan promosi; dari mana pengambil keputusan (decision maker) dan stakeholder mengambil referensi informasi, media apa yang digunakan untuk mengetahui informasi tersebut serta hasil akhir proses perumusan kebijakan promosi objek wisata. Kedua, pelaksanaan kebijakan promosi; saluran dan kebijakan komunikasi penerapan kebijakan promosi objek wisata dan ketiga, pengawasan kebijakan promosi objek wisata yaitu ukuran pengawasan serta keberhasilan proses mengkomunikasikan penerapan kebijakan promosi objek wisata yang kesemuanya berada pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang. Metode dasar (pendekatan) yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode studi kasus. Fokus penelitian ini mengupayakan mengumpulkan data yang detail dan komprehensif terkait komunikasi organisasi yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang dalam pengolahan kebijakan promosi pariwisata. Selanjutnya, data dilakukan analisis proses dalam komunikasi organisasi terdiri dari proses perumusan, pelaksanaan dan pengawasan dan pengawasan kebijakan promosi pariwisata Kabupaten Pemalang. Dari analisa data hasil penelitian yang dilakukan dihasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) secara prosedural implementasi komunikasi organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang tentang perumusan kebijakan promosi pariwisata sudah berjalan secara benar sesuai dengan petunjuk dan aturan kedinasan; (2) Secara prosedural implementasi komunikasi organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang tentang pelaksanaan kebijakan promosi pariwisata telah berjalan sesuai gambaran dari perumusan kebijakan promosi pariwisata; (3) Secara prosedural implementasi komunikasi organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang tentang pengawasan kebijakan promosi pariwisata hanya menggunakan satu pointer kendali organisasi saja.