Asuhan Keperawatan Pada Ny. M Dengan Gangguan Sistem Kardiovaskuler Hipertensi Di Ruang Cempaka I Rsud Sukoharjo
Main Author: | ERDIONO, ERDIONO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20459/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/13/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/20459/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang : Hipertensi adalah tekanan darah yang lebih tinggi dimana sistoliknya diatas 140 mmHg dan tekanan diastoliknya diatas 90 mmHg. Hipertensi merupakan kelainan yang sulit diketahui oleh tubuh kita sendiri. Cara untuk mengetahui hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah kita secara teratur. Seseorang baru merasakan dampak gawatnya hipertensi ketika telah terjadi komplikasi. Tujuan : Untuk memberikan pengalaman nyata kepada penulis dalam pemberian asuhan keperawatan pada pasien dengan Hipertensi meliputi pengkajian (analisa), membuat diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Hasil : Setelah dilakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan Hipertensi selama 3x24 jam didapatkan hasil tidak ada tanda-tanda nyeri kepala, nutrisi klien terpenuhi, dapat melakukan aktivitas secara mandiri dan meningkatnya pengetahuan pasien tentang perawatan tekanan darah tinggi. Kesimpulan : Kerjasama antar tim kesehatan dan pasien atau keluarga sangat diperlukan untuk keberhasilan asuhan keperawatan pada pasien, komunikasi terapeutik akan membantu dalam intervensi, implementasi yang akan diberikan. Klien sangat menyukai tindakan relaksasi yang dilakukan tim kesehatan karena dapat mengurangi nyeri kepala klien.