ctrlnum 20380
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20380/</relation><title>Strategi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Pada&#xD; Anak Di SDIT Az Zahra Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012&#xD; &#xD; </title><creator>Rahmawati, Lina </creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><description>Anak usia Sekolah Dasar biasanya mempunyai potensi untuk&#xD; berkarakter yang kuat dan baik. Anak yang berkarakter tentunya mempunyai&#xD; sikap dan perilaku yang baik pula, seperti sikap tanggung jawab, jujur, dan&#xD; menghormati orang lain. Anak yang berkarakter baik biasanya tidak akan&#xD; mengalami kesulitan dalam bergaul dengan temannya maupun orang lain,&#xD; selain itu anak juga mempunyai kepekaan tinggi terhadap lingkungan.&#xD; Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana&#xD; strategi penanaman nilai pendidikan karakter dan metode apa yang&#xD; digunakan dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak.&#xD; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana&#xD; strategi dan metode yang digunakan dalam penanaman nilai pendidikan&#xD; karakter pada anak di SDIT Az Zahra Sragen. Sedangkan manfaat penelitian&#xD; yaitu: untuk menambah khasanah keilmuan terutama dalam bidang&#xD; pendidikan Islam tentang strategi penanaman nilai pendidikan karakter, dan&#xD; dapat menjadi bahan masukan bagi lembaga pendidikan terkait dalam&#xD; pengembangan atau peningkatan strategi penanaman pendidikan karakter,&#xD; dan dijadikan pembanding bagi penelitian sejenisnya.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research).&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Pengumpulan data,&#xD; dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode: a). Observasi, b).&#xD; Wawancara c). Dokumentasi.&#xD; Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi penanaman nilai&#xD; pendidikan karakter pada anak di SDIT Az Zahra yang pertama yaitu:&#xD; Penyusunan progam kegiatan-kegiatan dalam penanaman nilai pendidikan&#xD; karakter pada anak di SDIT Az Zahra didasarkan pada nilai-nilai pendidikan&#xD; karakter yang telah ditentukan agar progam kegiatan yang disusun tepat&#xD; sasaran, Strategi yang kedua, yaitu: Strategi melalui pengembangan&#xD; kerjasama dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak.&#xD; Pengembangan kerjasama dengan ketiga lingkungan belajar anak&#xD; (lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat). Adapun&#xD; metode yang digunakan yaitu: a) metode keteladanan, b). metode&#xD; pembiasaan, c) metode monitoring, d) metode sanksi/ penghargaan.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/3/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20380/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rahmawati, Lina (2012) Strategi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Di SDIT Az Zahra Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000080011</relation><recordID>20380</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rahmawati, Lina
title Strategi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Di SDIT Az Zahra Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic BP Islam. Bahaism. Theosophy
etc
url http://eprints.ums.ac.id/20380/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/3/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20380/
contents Anak usia Sekolah Dasar biasanya mempunyai potensi untuk berkarakter yang kuat dan baik. Anak yang berkarakter tentunya mempunyai sikap dan perilaku yang baik pula, seperti sikap tanggung jawab, jujur, dan menghormati orang lain. Anak yang berkarakter baik biasanya tidak akan mengalami kesulitan dalam bergaul dengan temannya maupun orang lain, selain itu anak juga mempunyai kepekaan tinggi terhadap lingkungan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi penanaman nilai pendidikan karakter dan metode apa yang digunakan dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan metode yang digunakan dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak di SDIT Az Zahra Sragen. Sedangkan manfaat penelitian yaitu: untuk menambah khasanah keilmuan terutama dalam bidang pendidikan Islam tentang strategi penanaman nilai pendidikan karakter, dan dapat menjadi bahan masukan bagi lembaga pendidikan terkait dalam pengembangan atau peningkatan strategi penanaman pendidikan karakter, dan dijadikan pembanding bagi penelitian sejenisnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Pengumpulan data, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode: a). Observasi, b). Wawancara c). Dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi penanaman nilai pendidikan karakter pada anak di SDIT Az Zahra yang pertama yaitu: Penyusunan progam kegiatan-kegiatan dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak di SDIT Az Zahra didasarkan pada nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditentukan agar progam kegiatan yang disusun tepat sasaran, Strategi yang kedua, yaitu: Strategi melalui pengembangan kerjasama dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak. Pengembangan kerjasama dengan ketiga lingkungan belajar anak (lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat). Adapun metode yang digunakan yaitu: a) metode keteladanan, b). metode pembiasaan, c) metode monitoring, d) metode sanksi/ penghargaan.
id IOS2728.20380
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:40Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:41Z
recordtype dc
_version_ 1765810727428292608
score 17.538404