ctrlnum 20370
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20370/</relation><title>Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar&#xD; Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011&#xD; </title><creator>Muchlis, Muchlis</creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><description>Berbicara tentang pendidikan di lingkungan sekolah, untuk mendukung proses&#xD; belajar mengajar dan kesediaan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan&#xD; dan pentingnya perpustakaan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang tentang satuan&#xD; satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat,&#xD; harus menyediakan sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah&#xD; perpustakaan. Perpustakaan merupakan institusi pengelola karya tulis, karya cetak,&#xD; dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi&#xD; kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, dan rekreasi para pemustaka. Tujuan&#xD; utama didirikannya perpustakaan adalah untuk memfasilitasi agar terciptanya&#xD; masyarakat yang terdidik, terpelajar, terbiasa membaca, dan berbudaya tinggi.&#xD; Masyarakat yang demikian itu mempunyai pandangan dan wawasan yang luas,&#xD; mandiri, percaya diri, dan terbuka untuk senantiasa mengikuti perkembangan dan&#xD; kemajuan zaman.&#xD; Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru ditempatkan&#xD; sebagai fasilitator dan mediator yang membantu agar proses belajar siswa berjalan&#xD; dengan baik. Sistem KTSP menuntut siswa untuk mandiri dalam belajar dan&#xD; mengerjakan tugas dari para guru.&#xD; Keberadaan perpustakaan sangat membantu siswa dalam mencari sumber&#xD; rujukan yang mereka butuhkan dalam memahami pelajaran dan menambah wawasan&#xD; keilmuan mereka. Berdirinya perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta&#xD; bertujuan memberikan pelayanan kepada siswa untuk memudahkan mereka dalam&#xD; menimba ilmu.&#xD; Tema penelitian yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah bentuk-bentuk&#xD; pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa SMA Muhammadiyah 1&#xD; Surakarta serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan&#xD; untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber&#xD; belajar serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Objek dalam penelitian ini&#xD; adalah pegawai/petugas perpustakaan dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.&#xD; Data dalam penelitian ini didapat dari hasil dokumentasi, oservasi dan wawancara.&#xD; Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.&#xD; Hasil dari penelitian ini bahwa bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan oleh&#xD; siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah sebagai tempat edukasi atau&#xD; pembelajaran, sebagai tempat informasi, sebagai tempat rekreasi yang lebih&#xD; berhubungan dengan ilmu pengetahuan, serta sebagai kelas alternatif. Faktor&#xD; pendukung pemanfaatan perpustakaan ini adalah tersedianya sarana dan prasarana&#xD; yang mendukung, masukan dari siswa maupun guru untuk melengkapi koleksi buku&#xD; yang belum ada sehingga menambah kelengkapan koleksi perpustakaan dan&#xD; komitmen yang baik dari seluruh pihak sekolah untuk memajukan perpustakaan.&#xD; Sedangkan faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan ini adalah koleksi&#xD; buku yang belum lengkap, serta kekurangan anggota petugas sehingga hal ini&#xD; menyulitkan dalam mengelola dan mengembangkan perpustakaan.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/1/HALAMAN_DEPAN__Autosaved_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/8/LAMPIRAN__Recovered_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Muchlis, Muchlis (2012) Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000080067</relation><recordID>20370</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Muchlis, Muchlis
title Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011
publishDate 2012
topic BP Islam. Bahaism. Theosophy
etc
url http://eprints.ums.ac.id/20370/1/HALAMAN_DEPAN__Autosaved_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/8/LAMPIRAN__Recovered_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20370/
contents Berbicara tentang pendidikan di lingkungan sekolah, untuk mendukung proses belajar mengajar dan kesediaan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan dan pentingnya perpustakaan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang tentang satuan satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat, harus menyediakan sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan institusi pengelola karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, dan rekreasi para pemustaka. Tujuan utama didirikannya perpustakaan adalah untuk memfasilitasi agar terciptanya masyarakat yang terdidik, terpelajar, terbiasa membaca, dan berbudaya tinggi. Masyarakat yang demikian itu mempunyai pandangan dan wawasan yang luas, mandiri, percaya diri, dan terbuka untuk senantiasa mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru ditempatkan sebagai fasilitator dan mediator yang membantu agar proses belajar siswa berjalan dengan baik. Sistem KTSP menuntut siswa untuk mandiri dalam belajar dan mengerjakan tugas dari para guru. Keberadaan perpustakaan sangat membantu siswa dalam mencari sumber rujukan yang mereka butuhkan dalam memahami pelajaran dan menambah wawasan keilmuan mereka. Berdirinya perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta bertujuan memberikan pelayanan kepada siswa untuk memudahkan mereka dalam menimba ilmu. Tema penelitian yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Objek dalam penelitian ini adalah pegawai/petugas perpustakaan dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil dokumentasi, oservasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan oleh siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah sebagai tempat edukasi atau pembelajaran, sebagai tempat informasi, sebagai tempat rekreasi yang lebih berhubungan dengan ilmu pengetahuan, serta sebagai kelas alternatif. Faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan ini adalah tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, masukan dari siswa maupun guru untuk melengkapi koleksi buku yang belum ada sehingga menambah kelengkapan koleksi perpustakaan dan komitmen yang baik dari seluruh pihak sekolah untuk memajukan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan ini adalah koleksi buku yang belum lengkap, serta kekurangan anggota petugas sehingga hal ini menyulitkan dalam mengelola dan mengembangkan perpustakaan.
id IOS2728.20370
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:37Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:41Z
recordtype dc
_version_ 1765810727128399872
score 17.538404