Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011
Main Author: | Muchlis, Muchlis |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20370/1/HALAMAN_DEPAN__Autosaved_.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/8/LAMPIRAN__Recovered_.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/ |
ctrlnum |
20370 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20370/</relation><title>Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar
Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011
</title><creator>Muchlis, Muchlis</creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><description>Berbicara tentang pendidikan di lingkungan sekolah, untuk mendukung proses
belajar mengajar dan kesediaan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan
dan pentingnya perpustakaan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang tentang satuan
satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat,
harus menyediakan sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah
perpustakaan. Perpustakaan merupakan institusi pengelola karya tulis, karya cetak,
dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi
kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, dan rekreasi para pemustaka. Tujuan
utama didirikannya perpustakaan adalah untuk memfasilitasi agar terciptanya
masyarakat yang terdidik, terpelajar, terbiasa membaca, dan berbudaya tinggi.
Masyarakat yang demikian itu mempunyai pandangan dan wawasan yang luas,
mandiri, percaya diri, dan terbuka untuk senantiasa mengikuti perkembangan dan
kemajuan zaman.
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru ditempatkan
sebagai fasilitator dan mediator yang membantu agar proses belajar siswa berjalan
dengan baik. Sistem KTSP menuntut siswa untuk mandiri dalam belajar dan
mengerjakan tugas dari para guru.
Keberadaan perpustakaan sangat membantu siswa dalam mencari sumber
rujukan yang mereka butuhkan dalam memahami pelajaran dan menambah wawasan
keilmuan mereka. Berdirinya perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
bertujuan memberikan pelayanan kepada siswa untuk memudahkan mereka dalam
menimba ilmu.
Tema penelitian yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah bentuk-bentuk
pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa SMA Muhammadiyah 1
Surakarta serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Objek dalam penelitian ini
adalah pegawai/petugas perpustakaan dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Data dalam penelitian ini didapat dari hasil dokumentasi, oservasi dan wawancara.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini bahwa bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan oleh
siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah sebagai tempat edukasi atau
pembelajaran, sebagai tempat informasi, sebagai tempat rekreasi yang lebih
berhubungan dengan ilmu pengetahuan, serta sebagai kelas alternatif. Faktor
pendukung pemanfaatan perpustakaan ini adalah tersedianya sarana dan prasarana
yang mendukung, masukan dari siswa maupun guru untuk melengkapi koleksi buku
yang belum ada sehingga menambah kelengkapan koleksi perpustakaan dan
komitmen yang baik dari seluruh pihak sekolah untuk memajukan perpustakaan.
Sedangkan faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan ini adalah koleksi
buku yang belum lengkap, serta kekurangan anggota petugas sehingga hal ini
menyulitkan dalam mengelola dan mengembangkan perpustakaan.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/1/HALAMAN_DEPAN__Autosaved_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/8/LAMPIRAN__Recovered_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20370/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Muchlis, Muchlis (2012) Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000080067</relation><recordID>20370</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Muchlis, Muchlis |
title |
Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar
Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011 |
publishDate |
2012 |
topic |
BP Islam. Bahaism. Theosophy etc |
url |
http://eprints.ums.ac.id/20370/1/HALAMAN_DEPAN__Autosaved_.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/8/LAMPIRAN__Recovered_.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20370/ |
contents |
Berbicara tentang pendidikan di lingkungan sekolah, untuk mendukung proses
belajar mengajar dan kesediaan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan
dan pentingnya perpustakaan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang tentang satuan
satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat,
harus menyediakan sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah
perpustakaan. Perpustakaan merupakan institusi pengelola karya tulis, karya cetak,
dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi
kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, dan rekreasi para pemustaka. Tujuan
utama didirikannya perpustakaan adalah untuk memfasilitasi agar terciptanya
masyarakat yang terdidik, terpelajar, terbiasa membaca, dan berbudaya tinggi.
Masyarakat yang demikian itu mempunyai pandangan dan wawasan yang luas,
mandiri, percaya diri, dan terbuka untuk senantiasa mengikuti perkembangan dan
kemajuan zaman.
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru ditempatkan
sebagai fasilitator dan mediator yang membantu agar proses belajar siswa berjalan
dengan baik. Sistem KTSP menuntut siswa untuk mandiri dalam belajar dan
mengerjakan tugas dari para guru.
Keberadaan perpustakaan sangat membantu siswa dalam mencari sumber
rujukan yang mereka butuhkan dalam memahami pelajaran dan menambah wawasan
keilmuan mereka. Berdirinya perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
bertujuan memberikan pelayanan kepada siswa untuk memudahkan mereka dalam
menimba ilmu.
Tema penelitian yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah bentuk-bentuk
pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa SMA Muhammadiyah 1
Surakarta serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Objek dalam penelitian ini
adalah pegawai/petugas perpustakaan dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Data dalam penelitian ini didapat dari hasil dokumentasi, oservasi dan wawancara.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini bahwa bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan oleh
siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah sebagai tempat edukasi atau
pembelajaran, sebagai tempat informasi, sebagai tempat rekreasi yang lebih
berhubungan dengan ilmu pengetahuan, serta sebagai kelas alternatif. Faktor
pendukung pemanfaatan perpustakaan ini adalah tersedianya sarana dan prasarana
yang mendukung, masukan dari siswa maupun guru untuk melengkapi koleksi buku
yang belum ada sehingga menambah kelengkapan koleksi perpustakaan dan
komitmen yang baik dari seluruh pihak sekolah untuk memajukan perpustakaan.
Sedangkan faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan ini adalah koleksi
buku yang belum lengkap, serta kekurangan anggota petugas sehingga hal ini
menyulitkan dalam mengelola dan mengembangkan perpustakaan. |
id |
IOS2728.20370 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:37Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810727128399872 |
score |
17.538404 |