Problematika Pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan Di Lingkungan Masyarakat Kota (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Al-I‘tisham Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/ 2012)
Main Author: | Subandi, Subandi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20352/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/ |
ctrlnum |
20352 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20352/</relation><title>Problematika Pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan Di Lingkungan Masyarakat Kota (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Al-I‘tisham Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/ 2012)
</title><creator>Subandi, Subandi</creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><description>Menghafal Al-Qur’an merupakan bagian penting bagi umat Islam karena
sebagai pedoman hidup dan kitab suci. Dalam dunia pendidikan Islam Taĥfiizhul
Qur’aan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk generasi
muslim yang saleh. Taĥfiizhul Qur’aan juga akan menjaga kemurnian dan
keutuhan Al-Qur’an.
Setiap madrasah mempunyai lingkungan yang berbeda-beda dalam
masyarakat. Ada madrasah yang terletak di lingkungan pedesaan yang jauh dari
keramaian, namun juga ada yang terletak di daerah perkotaan. MTs Al-I‘tisham
yang terletak di daerah perkotaan berbeda dengan madrasah yang lainnya.
Sehingga permasalahan yang dihadapi pun juga berbeda. MTs Al-I‘tisham terletak
di lingkungan kota dan menyatu di perumahan penduduk sekitar. Dengan keadaan
ini maka permasalahan yang timbul berkaitan dengan lingkungan semakin
kompleks bagi proses Taĥfiizhul Qur’aan.
Penelitian ini mengangkat tema masalah-masalah lingkungan
pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan yang dihadapi oleh siswa kelas VIII MTs Al-
I‘tisham, dan solusi apa yang telah dilakukan oleh pihak MTs Al-I‘tisham
berkaitan dengan masalah tersebut. Kemudian tujuan dari penelitian adalah agar
dapat mendeskribsikan permasalahan-permasalahan tentang pembelajaran
Taĥfiizhul Qur’aan pada siswa kelas VIII MTs Al-I‘tisham, dan mendeskribsikan
solusi-solusi yang telah dilakukan oleh MTs Al-I‘tisham terhadap masalahmasalah
tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, bila ditinjau dari
variabel penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, sedangkan
dalam mengumpulkan data, dilakukan beberapa tehnik yaitu wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Data diambil dari kepala sekolah, guru dan siswa.
Tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan pada
siswa kelas VIII MTs Al-I‘tisham, yaitu sikap malas, bacaan siswa sering
terbalik-balik, kurang menguasai ilmu tajwid, siswa enggan mengulang-ulang
bacaan yang telah dihafal, dan waktu menghafal siswa kurang tepat. Di samping
itu, permasalahan lain bersifat lingkungan di antaranya, terdengarnya lagu dan
musik, terbukanya aurat, dekatnya fasilitas hiburan dan dekatnya rumah warga
dengan MTs Al-I‘tisham. Solusi yang telah diambil dari pihak MTs Al-I‘tisham
adalah memberikan kisah para penghafal Al-Qur’an, mendengarkan murattal,
memberi jam pelajaran tentang ilmu tajwid, memberi teladan yang baik, dan
memberi penjelasan tentang waktu yang bagus untuk menghafal. Solusi untuk
lingkungan adalah memberi nasehat kepada siswa agar menjauhi suara-suara yang
mengganggu, memberi nasehat agar menjaga pandangan, memberikan hukuman
bagi siswa yang keluar ke tempat hiburan, dan menjelaskan kepada warga tentang
kegiatan menghafal.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20352/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Subandi, Subandi (2012) Problematika Pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan Di Lingkungan Masyarakat Kota (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Al-I‘tisham Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000090137</relation><recordID>20352</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Subandi, Subandi |
title |
Problematika Pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan Di Lingkungan Masyarakat Kota (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Al-I‘tisham Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/ 2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
BP Islam. Bahaism. Theosophy etc |
url |
http://eprints.ums.ac.id/20352/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20352/ |
contents |
Menghafal Al-Qur’an merupakan bagian penting bagi umat Islam karena
sebagai pedoman hidup dan kitab suci. Dalam dunia pendidikan Islam Taĥfiizhul
Qur’aan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk generasi
muslim yang saleh. Taĥfiizhul Qur’aan juga akan menjaga kemurnian dan
keutuhan Al-Qur’an.
Setiap madrasah mempunyai lingkungan yang berbeda-beda dalam
masyarakat. Ada madrasah yang terletak di lingkungan pedesaan yang jauh dari
keramaian, namun juga ada yang terletak di daerah perkotaan. MTs Al-I‘tisham
yang terletak di daerah perkotaan berbeda dengan madrasah yang lainnya.
Sehingga permasalahan yang dihadapi pun juga berbeda. MTs Al-I‘tisham terletak
di lingkungan kota dan menyatu di perumahan penduduk sekitar. Dengan keadaan
ini maka permasalahan yang timbul berkaitan dengan lingkungan semakin
kompleks bagi proses Taĥfiizhul Qur’aan.
Penelitian ini mengangkat tema masalah-masalah lingkungan
pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan yang dihadapi oleh siswa kelas VIII MTs Al-
I‘tisham, dan solusi apa yang telah dilakukan oleh pihak MTs Al-I‘tisham
berkaitan dengan masalah tersebut. Kemudian tujuan dari penelitian adalah agar
dapat mendeskribsikan permasalahan-permasalahan tentang pembelajaran
Taĥfiizhul Qur’aan pada siswa kelas VIII MTs Al-I‘tisham, dan mendeskribsikan
solusi-solusi yang telah dilakukan oleh MTs Al-I‘tisham terhadap masalahmasalah
tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, bila ditinjau dari
variabel penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, sedangkan
dalam mengumpulkan data, dilakukan beberapa tehnik yaitu wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Data diambil dari kepala sekolah, guru dan siswa.
Tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Taĥfiizhul Qur’aan pada
siswa kelas VIII MTs Al-I‘tisham, yaitu sikap malas, bacaan siswa sering
terbalik-balik, kurang menguasai ilmu tajwid, siswa enggan mengulang-ulang
bacaan yang telah dihafal, dan waktu menghafal siswa kurang tepat. Di samping
itu, permasalahan lain bersifat lingkungan di antaranya, terdengarnya lagu dan
musik, terbukanya aurat, dekatnya fasilitas hiburan dan dekatnya rumah warga
dengan MTs Al-I‘tisham. Solusi yang telah diambil dari pihak MTs Al-I‘tisham
adalah memberikan kisah para penghafal Al-Qur’an, mendengarkan murattal,
memberi jam pelajaran tentang ilmu tajwid, memberi teladan yang baik, dan
memberi penjelasan tentang waktu yang bagus untuk menghafal. Solusi untuk
lingkungan adalah memberi nasehat kepada siswa agar menjauhi suara-suara yang
mengganggu, memberi nasehat agar menjaga pandangan, memberikan hukuman
bagi siswa yang keluar ke tempat hiburan, dan menjelaskan kepada warga tentang
kegiatan menghafal. |
id |
IOS2728.20352 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:36Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810727057096704 |
score |
17.538404 |