Hubungan Persepsi Dengan Keterlibatan Ibu Dalam Pengembangan Literasi Dasar Anak Prasekolah Dan Perbedaan Keterlibatan Ditinjau Dari Pendidikan Formal Ibu
Main Author: | Yuliana, Ria |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20350/1/Halaman_depan_RIA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/2/RIA_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/3/RIA_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/5/RIA_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/7/RIA_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/9/RIA_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/19/DAFTAR_PUSTAKA_RIA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/25/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/20/NASKAH_PUBLIKASI_RIA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20350/ |
Daftar Isi:
- Literasi adalah proses membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, melihat dan berpendapat. Persepsi dan keterlibatan orang tua tergolong faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan literasi dasar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi dan keterlibatan ibu dalam pengembangan literasi dasar anak prasekolah berdasarkan pendidikan formal yang telah ditempuh ibu. Pada penelitian ini, pendidikan dibagi menjadi dua yaitu Perguruan Tinggi dan SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu dengan menggunakan skala sebagai alat ukur persepsi dan keterlibatan ibu dan analisis data menggunakan uji t (t-test). Partisipan penelitian ini adalah ibu dari siswa/siswi peserta TK Aisyiyah Tunggulsari dan Al Azhar Syifa Budi Solo yang berjumlah 90 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan, persepsi dan keterlibatan ibu dalam pengembangan literasi dasar anak prasekolah pada ibu yang berpendidikan Perguruan Tinggi dan SMA sama-sama tergolong tinggi