Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecenderungan Menyontek Pada Siswa Sma
Main Author: | Sari, Dyah Ayu Kartika |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20328/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/7/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/8/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/10/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/12/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/ |
ctrlnum |
20328 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20328/</relation><title>Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecenderungan Menyontek Pada Siswa Sma
</title><creator>Sari, Dyah Ayu Kartika </creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><description>Menyontek adalah salah satu fenomena pendidikan yang sering dan bahkan
selalu muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar sehari–hari tetapi jarang
mendapat pembahasan dalam wacana pendidikan di Indonesia. Kurangnya
pembahasan mengenai menyontek mungkin disebabkan karena kebanyakan pakar
menganggap persoalan ini sebagai sesuatu yang sifatnya sepele, padahal masalah
menyontek sesungguhnya merupakan sesuatu yang sangat mendasar. Banyak faktor
yang mempengaruhi perilaku menyontek, salah satunya yaitu kepercayaan diri. Siswa
yang memiliki aspek-aspek kepercayaan diri maka siswa akan merasa yakin,
kebiasaan belajar yang baik, disiplin, tidak terpengaruh teman, tidak takut gagal,
motivasi belajar tinggi, jujur, sehingga hambatan-hambatan yang dihadapi dalam
pekerjaan mampu diatasi sebaik mungkin, hal tersebut akan menurunkan
kecenderungan menyontek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara kepercayaan
diri dengan kecenderungan menyontek pada siswa SMA, 2) Sumbangan atau peran
kepercayaan diri terhadap kecenderungan menyontek pada siswa SMA, 3) Tingkat
kepercayaan diri dan kecenderungan menyontek pada siswa SMA. Hipotesis yang
diajukan ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecenderungan
menyontek. Subjek penelitian adalah siswa-siswa SMA Negeri 7 Surakarta kelas XI
IPS2 berjumlah 34 siswa dan XI IPS4 berjumlah 35 siswa. Jadi jumlah siswa untuk
penelitian ada 69 siswa.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster
Random Sampling. Metode pengumpulan data me nggunakan skala kepercayaan diri
dan skala kecenderungan menyontek. Teknik analisis data menggunakan korelasi
product moment.
Berdasarkan analisis diperoleh nilai korelasi rxy= -0,570, p = 0,000 (p < 0,01).
Artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan
kecenderungan menyontek. Semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah
kecenderungan menyontek, demikian pula sebaliknya semakin rendah kepercayaan
diri maka semakin tinggi kecenderungan menyontek. Sumbangan efektif kepercayaan
diri terhadap kecenderungan menyontek sebesar 32,4%, Kepercayaan diri subjek
penelitian tergolong sedang, nilai rerata empirik (RE) = 117,522 dan rerata hipotetik
(RH) = 115. Kecenderungan menyontek pada subjek penelitian tergolong sedang,
nilai rerata empirik (RE) = 138,609 dan rerata hipotetik (RH) = 137,5.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada
hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan
kecenderungan menyontek. Sumbangan efektif kepercayaan diri taerhadap
kecenderungan menyontek cukup besar.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/7/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/8/08._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/10/09._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20328/12/11._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Sari, Dyah Ayu Kartika (2012) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecenderungan Menyontek Pada Siswa Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>F100070070</relation><recordID>20328</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sari, Dyah Ayu Kartika |
title |
Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecenderungan Menyontek Pada Siswa Sma |
publishDate |
2012 |
topic |
H Social Sciences (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/20328/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/7/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/8/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/10/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/12/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/20328/ |
contents |
Menyontek adalah salah satu fenomena pendidikan yang sering dan bahkan
selalu muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar sehari–hari tetapi jarang
mendapat pembahasan dalam wacana pendidikan di Indonesia. Kurangnya
pembahasan mengenai menyontek mungkin disebabkan karena kebanyakan pakar
menganggap persoalan ini sebagai sesuatu yang sifatnya sepele, padahal masalah
menyontek sesungguhnya merupakan sesuatu yang sangat mendasar. Banyak faktor
yang mempengaruhi perilaku menyontek, salah satunya yaitu kepercayaan diri. Siswa
yang memiliki aspek-aspek kepercayaan diri maka siswa akan merasa yakin,
kebiasaan belajar yang baik, disiplin, tidak terpengaruh teman, tidak takut gagal,
motivasi belajar tinggi, jujur, sehingga hambatan-hambatan yang dihadapi dalam
pekerjaan mampu diatasi sebaik mungkin, hal tersebut akan menurunkan
kecenderungan menyontek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara kepercayaan
diri dengan kecenderungan menyontek pada siswa SMA, 2) Sumbangan atau peran
kepercayaan diri terhadap kecenderungan menyontek pada siswa SMA, 3) Tingkat
kepercayaan diri dan kecenderungan menyontek pada siswa SMA. Hipotesis yang
diajukan ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecenderungan
menyontek. Subjek penelitian adalah siswa-siswa SMA Negeri 7 Surakarta kelas XI
IPS2 berjumlah 34 siswa dan XI IPS4 berjumlah 35 siswa. Jadi jumlah siswa untuk
penelitian ada 69 siswa.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster
Random Sampling. Metode pengumpulan data me nggunakan skala kepercayaan diri
dan skala kecenderungan menyontek. Teknik analisis data menggunakan korelasi
product moment.
Berdasarkan analisis diperoleh nilai korelasi rxy= -0,570, p = 0,000 (p < 0,01).
Artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan
kecenderungan menyontek. Semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah
kecenderungan menyontek, demikian pula sebaliknya semakin rendah kepercayaan
diri maka semakin tinggi kecenderungan menyontek. Sumbangan efektif kepercayaan
diri terhadap kecenderungan menyontek sebesar 32,4%, Kepercayaan diri subjek
penelitian tergolong sedang, nilai rerata empirik (RE) = 117,522 dan rerata hipotetik
(RH) = 115. Kecenderungan menyontek pada subjek penelitian tergolong sedang,
nilai rerata empirik (RE) = 138,609 dan rerata hipotetik (RH) = 137,5.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada
hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan
kecenderungan menyontek. Sumbangan efektif kepercayaan diri taerhadap
kecenderungan menyontek cukup besar.
|
id |
IOS2728.20328 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:35Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810726971113472 |
score |
17.538404 |