ctrlnum 20325
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20325/</relation><title>Studi Komparasi Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak-Anak Yang Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak Program Fullday Dan Reguler </title><creator>Yuwana , Septiansyah Rizky </creator><subject>BF Psychology</subject><description>Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk kehidupan di jenjang selanjutnya, yakni Sekolah Dasar (SD). Anak harus mempersiapkan untuk mengikuti pendidikan pada SD yakni dengan mengikuti pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Dewasa ini, ada dua jenis program TK, yakni TK fullday dan TK reguler. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, yang nantinya akan memberikan hasil yang berbeda juga pada kesiapan anak memasuki SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler.&#xD; Populasinya adalah anak yang mengikuti TK di Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Sampel diambil dengan metode purposive random sampling, anak-anak TK Aisyiyah Bendan dan TK Al-Hikam menjadi sampel dari penelitian ini. Jumlah subjek dalam penelitian ini terdapat 81 anak. Metode analisis data menggunakan uji t, dengan analisis independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada kedua jenis TK tersebut.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data, ada perbedaan rerata kesiapan anak antara TK reguler dan fullday, rerata kesiapan anak TK reguler sebesar 144,31 dan rerata kesiapan anak TK fullday sebesar 155,82 dengan signifikansi p=0,038 (p&lt;0,05), yang artinya ada perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler.&#xD; Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler. (2) Kesiapan anak memasuki SD pada TK fullday memiliki kategori tinggi. (3) Kesiapan anak memasuki SD pada TK reguler memiliki kategori sedang.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/4/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/8/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/9/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/16/naspub.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20325/14/9.LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Yuwana , Septiansyah Rizky (2012) Studi Komparasi Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak-Anak Yang Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak Program Fullday Dan Reguler. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>F100080178</relation><recordID>20325</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Yuwana , Septiansyah Rizky
title Studi Komparasi Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak-Anak Yang Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak Program Fullday Dan Reguler
publishDate 2012
topic BF Psychology
url http://eprints.ums.ac.id/20325/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/8/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/16/naspub.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/14/9.LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20325/
contents Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk kehidupan di jenjang selanjutnya, yakni Sekolah Dasar (SD). Anak harus mempersiapkan untuk mengikuti pendidikan pada SD yakni dengan mengikuti pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Dewasa ini, ada dua jenis program TK, yakni TK fullday dan TK reguler. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, yang nantinya akan memberikan hasil yang berbeda juga pada kesiapan anak memasuki SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler. Populasinya adalah anak yang mengikuti TK di Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Sampel diambil dengan metode purposive random sampling, anak-anak TK Aisyiyah Bendan dan TK Al-Hikam menjadi sampel dari penelitian ini. Jumlah subjek dalam penelitian ini terdapat 81 anak. Metode analisis data menggunakan uji t, dengan analisis independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada kedua jenis TK tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, ada perbedaan rerata kesiapan anak antara TK reguler dan fullday, rerata kesiapan anak TK reguler sebesar 144,31 dan rerata kesiapan anak TK fullday sebesar 155,82 dengan signifikansi p=0,038 (p<0,05), yang artinya ada perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler. (2) Kesiapan anak memasuki SD pada TK fullday memiliki kategori tinggi. (3) Kesiapan anak memasuki SD pada TK reguler memiliki kategori sedang.
id IOS2728.20325
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:35Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810726959579136
score 17.538404