Peningkatkan Kemampuan Logika Matematika Anak Tk B Melalui Metode Pemecahan Masalah Di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: LESTARI , WIJI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/20148/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20148/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan logika-matematika melalui metode pemecahan masalah pada anak TK Kelompok B. Penelitian dilakukan di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas,jumlah anak dalam satu kelas yaitu 36 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus di dalamnya dilakukan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan dengan diterapkannya metode pemecahan masalah prosentase rata-rata kemampuan logika-matematika anak satu kelas mencapai 90%. Kemampuan logika-matematika anak pada setiap siklus menunjukkan peningkatan. Sebelum diberikan tindakan rata-rata prosentase kemampuan logika-matematika anak satu kelas 59,35% dan masih ada 17 anak yang belum mencapai nilai KKM yang ditentukan. Pada siklus I prosentase meningkat menjadi 79,55% dan anak yang belum mencapai nilai KKM menjadi 10 anak, dilanjutkan dengan pemberian tindakan pada siklus II, prosentase kemampuan logika-matematika anak satu kelas menjadi 85,25% dan anak yang belum mencapai nilai KKM 7 anak, selanjutnya diberikan tindakan lagi pada siklus III prosentase rata-rata satu kelas sudah mencapai 90,37% dan anak yang belum mencapai KKM tinggal 4 anak. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan logika-matematika anak TK B di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas Tahun Ajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan melaluai metode pemecahan masalah.