Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep, Kedawung, Sragen
Main Author: | Indrawati CS, Ratna I |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20147/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/2/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/3/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/4/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/5/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/6/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/7/8._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/8/9._Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/9/Naskah_Publikasih_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/ |
ctrlnum |
20147 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20147/</relation><title>Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep, Kedawung, Sragen 
</title><creator>Indrawati CS, Ratna I</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan gerak dan lagu di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep,Kedawung, Sragen. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok Anyeir 1 Kb Tunas Melati 1 tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 14 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data 
dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan hasil karya. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik anak secara berarti dalam proses 
pembelajaran melalui kegiatan gerak dan lagu. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi empat deskriptor yaitu (MT) kemampuan anak yang melampaui target, (BN) kemampuan anak yang berjalan normal, (PD) 
kemampuan anak yang perlu ditingkatkan, (PPK) kemampuan anak yang perlu perhatian khusus. Sebelum adanya tindakan nilai rata-rata kelas 8,5 dengan prosentase 30,35% setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 12,07 dengan prosentase 43,11%, pada siklus II rata-rata kelas menjadi 20,5 dengan prosentase 73,21% dan di akhir tindakan yaitu pada siklus 
III rata-rata kelas menjadi 23,85 dengan prosentase 85,17%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/1/2._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/2/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/3/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/4/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/5/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/6/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/7/8._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/8/9._Lampiran-Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20147/9/Naskah_Publikasih_Ilmiah.pdf</identifier><identifier> Indrawati CS, Ratna I (2012) Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep, Kedawung, Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520081048</relation><recordID>20147</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Indrawati CS, Ratna I |
title |
Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep, Kedawung, Sragen |
publishDate |
2012 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/20147/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/2/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/3/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/4/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/5/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/6/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/7/8._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/8/9._Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/9/Naskah_Publikasih_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/20147/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan gerak dan lagu di Kelompok Bermain Tunas Melati 1 Purworejo, Celep,Kedawung, Sragen. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok Anyeir 1 Kb Tunas Melati 1 tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 14 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data
dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan hasil karya. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik anak secara berarti dalam proses
pembelajaran melalui kegiatan gerak dan lagu. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi empat deskriptor yaitu (MT) kemampuan anak yang melampaui target, (BN) kemampuan anak yang berjalan normal, (PD)
kemampuan anak yang perlu ditingkatkan, (PPK) kemampuan anak yang perlu perhatian khusus. Sebelum adanya tindakan nilai rata-rata kelas 8,5 dengan prosentase 30,35% setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 12,07 dengan prosentase 43,11%, pada siklus II rata-rata kelas menjadi 20,5 dengan prosentase 73,21% dan di akhir tindakan yaitu pada siklus
III rata-rata kelas menjadi 23,85 dengan prosentase 85,17%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. |
id |
IOS2728.20147 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:27Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810725798805504 |
score |
17.538404 |