Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tk Aisyiyah Taruban Tahun Pelajaran 2011 / 2012)
Main Author: | AKSIOMA , UFIK |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20146/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/7/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/8/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/9/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/ |
ctrlnum |
20146 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20146/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tk Aisyiyah Taruban Tahun Pelajaran 2011 / 2012)
</title><creator>AKSIOMA , UFIK</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan melalui metode sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tahun Pelajaran 2011/2012 dan obyek penelitian ini adalah komunikasi lisan anak. Data komunikasi lisan anak dikumpulkan dengan 
observasi dan wawancara, data tentang metode sosiodrama dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata berkomunikasi lisan anak dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata berkomunikasi lisan anak sebelum perlakukan tindakan adalah 43%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan 
melakukan pembelajaran dengan metode sosiodrama pada siklus I berkomunikasi lisan anak meningkat menjadi 65% pada siklus II berkomunikasi lisan anak meningkat menjadi menjadi 73% dan pada siklus III meningkat 
menjadi 90%. Secara keseluruhan dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Taruban. </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/7/08._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/8/09._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20146/9/11._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> AKSIOMA , UFIK (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tk Aisyiyah Taruban Tahun Pelajaran 2011 / 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520080007 </relation><recordID>20146</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
AKSIOMA , UFIK |
title |
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B Tk Aisyiyah Taruban Tahun Pelajaran 2011 / 2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/20146/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/7/08._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/8/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/9/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/20146/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan melalui metode sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tahun Pelajaran 2011/2012 dan obyek penelitian ini adalah komunikasi lisan anak. Data komunikasi lisan anak dikumpulkan dengan
observasi dan wawancara, data tentang metode sosiodrama dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata berkomunikasi lisan anak dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata berkomunikasi lisan anak sebelum perlakukan tindakan adalah 43%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan
melakukan pembelajaran dengan metode sosiodrama pada siklus I berkomunikasi lisan anak meningkat menjadi 65% pada siklus II berkomunikasi lisan anak meningkat menjadi menjadi 73% dan pada siklus III meningkat
menjadi 90%. Secara keseluruhan dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Taruban. |
id |
IOS2728.20146 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:26Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810725795659776 |
score |
17.538404 |