ctrlnum 20145
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20145/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Pg Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2011 &#x2013; 2012</title><creator>SARTIKA , TIKA </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan membaca permulaan anak melalui metode multisensori. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. &#xD; Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak PG Tasikmadu Tahun Pelajaran 2011/2012 dan obyek penelitian ini adalah membaca permulaan anak. Data membaca permulaan anak dikumpulkan dengan observasi dan data tentang metode multisensori dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata membaca permulaan anak dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya &#xD; peningkatan membaca permulaan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata membaca permulaan anak sebelum perlakukan tindakan adalah 35,294%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan melakukan pembelajaran &#xD; dengan metode multisensori pada siklus I membaca permulaan anak meningkat menjadi 46,429% pada siklus II membaca permulaan anak meningkat menjadi 70,378% dan pada siklus III meningkat menjadi 84,66%. Secara keseluruhan &#xD; dengan metode multisensori dapat meningkatkan membaca permulaan anak kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak PG Tasikmadu. </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/6/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/7/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/8/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/9/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/17/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20145/18/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> SARTIKA , TIKA (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Pg Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2011 &#x2013; 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520080084 </relation><recordID>20145</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SARTIKA , TIKA
title Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Pg Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2011 – 2012
publishDate 2012
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/20145/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/8/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/9/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/17/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/18/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20145/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan membaca permulaan anak melalui metode multisensori. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak PG Tasikmadu Tahun Pelajaran 2011/2012 dan obyek penelitian ini adalah membaca permulaan anak. Data membaca permulaan anak dikumpulkan dengan observasi dan data tentang metode multisensori dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata membaca permulaan anak dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan membaca permulaan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata membaca permulaan anak sebelum perlakukan tindakan adalah 35,294%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan melakukan pembelajaran dengan metode multisensori pada siklus I membaca permulaan anak meningkat menjadi 46,429% pada siklus II membaca permulaan anak meningkat menjadi 70,378% dan pada siklus III meningkat menjadi 84,66%. Secara keseluruhan dengan metode multisensori dapat meningkatkan membaca permulaan anak kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak PG Tasikmadu.
id IOS2728.20145
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:26Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:30Z
recordtype dc
_version_ 1765810725792514048
score 17.538404