ctrlnum 20104
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20104/</relation><title>Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang)&#xD; </title><creator>PREMANA, HIMAWAN KRESNA </creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Dalam merencanakan perkerasan jalan harus memenuhi beberapa faktor, salah&#xD; satunya yaitu loading time yang dipengaruhi oleh kecepatan. Material aspal yang&#xD; bersifat viscoelastic menjadikan karakteristik lapisan beraspal sangat sensitif&#xD; terhadap lama pembebanan. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai nilai kekakuan&#xD; (stiffness) dan hubungannya dengan kecepatan kendaraan untuk mengetahui&#xD; pengaruhnya terhadap perubahan umur rencana jalan perlu dikembangkan dengan&#xD; cara melakukan sebuah penelitian simulasi tentang dampak lama pembebanan&#xD; (loading time) terhadap umur perkerasan jalan tersebut.&#xD; Data yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah data sekunder&#xD; yang diperoleh dari Dinas Jasa Marga Jawa Tengah. Data-data tersebut adalah&#xD; kecepatan rata-rata dari kendaraan, suhu udara rata-rata tahunan, lalu lintas harian&#xD; rata-rata, tebal, jenis dan karakteristik material perkerasan, dan sebagainya. Data&#xD; tersebut kemudian diolah menjadi data masukan dalam analisis menggunakan&#xD; Nottingham Design Method untuk mencari nilai yang dibutuhkan sebagai input ke&#xD; Program Bisar 3.0. kemudian menganalisis stress dan strain yang dipakai untuk&#xD; menghitung besarnya umur rencana perkerasan jalan.&#xD; Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi&#xD; kecepatan kendaraan yang melewati suatu jalan, maka umur pelayanannya (N)&#xD; semakin lama, pada kondisi fatigue cracking (retak lelah) maupun deformasi&#xD; permanen dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kecepatan, maka daya rusak yang&#xD; ditimbulkan terhadap jalan tersebut akan lebih rendah sehingga kemampuan jalan&#xD; untuk melayani lalu lintas akan semakin lama. Untuk hubungan kecepatan&#xD; kendaraan dengan umur perkerasan jalan, dapat dirumuskan sebagai berikut, Fatigue&#xD; kritis : y = 1,824ln(x) + 122,3; Fatigue gagal : y = 1,826ln(x) + 158,2; Deformasi&#xD; kritis : y = 1,775ln(x) + 57,18; Deformasi gagal : y = 1,779ln(x) + 95,13; Dimana y&#xD; adalah umur pelayanan jalan dan x adalah kecepatan kendaraan.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/1/3._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/2/4._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/3/5._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/5/6._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/6/7._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/8/10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/10/11._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/13/2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/26/8._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/27/9._BAB_VI.pdf</identifier><identifier> PREMANA, HIMAWAN KRESNA (2012) Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>D100070008</relation><recordID>20104</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PREMANA, HIMAWAN KRESNA
title Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang)
publishDate 2012
topic TA Engineering (General). Civil engineering (General)
url http://eprints.ums.ac.id/20104/1/3._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/2/4._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/3/5._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/5/6._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/6/7._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/8/10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/10/11._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/13/2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/26/8._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/27/9._BAB_VI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20104/
contents Dalam merencanakan perkerasan jalan harus memenuhi beberapa faktor, salah satunya yaitu loading time yang dipengaruhi oleh kecepatan. Material aspal yang bersifat viscoelastic menjadikan karakteristik lapisan beraspal sangat sensitif terhadap lama pembebanan. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai nilai kekakuan (stiffness) dan hubungannya dengan kecepatan kendaraan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perubahan umur rencana jalan perlu dikembangkan dengan cara melakukan sebuah penelitian simulasi tentang dampak lama pembebanan (loading time) terhadap umur perkerasan jalan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Jasa Marga Jawa Tengah. Data-data tersebut adalah kecepatan rata-rata dari kendaraan, suhu udara rata-rata tahunan, lalu lintas harian rata-rata, tebal, jenis dan karakteristik material perkerasan, dan sebagainya. Data tersebut kemudian diolah menjadi data masukan dalam analisis menggunakan Nottingham Design Method untuk mencari nilai yang dibutuhkan sebagai input ke Program Bisar 3.0. kemudian menganalisis stress dan strain yang dipakai untuk menghitung besarnya umur rencana perkerasan jalan. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecepatan kendaraan yang melewati suatu jalan, maka umur pelayanannya (N) semakin lama, pada kondisi fatigue cracking (retak lelah) maupun deformasi permanen dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kecepatan, maka daya rusak yang ditimbulkan terhadap jalan tersebut akan lebih rendah sehingga kemampuan jalan untuk melayani lalu lintas akan semakin lama. Untuk hubungan kecepatan kendaraan dengan umur perkerasan jalan, dapat dirumuskan sebagai berikut, Fatigue kritis : y = 1,824ln(x) + 122,3; Fatigue gagal : y = 1,826ln(x) + 158,2; Deformasi kritis : y = 1,775ln(x) + 57,18; Deformasi gagal : y = 1,779ln(x) + 95,13; Dimana y adalah umur pelayanan jalan dan x adalah kecepatan kendaraan.
id IOS2728.20104
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:26Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810725634179072
score 17.538404