Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang)
ctrlnum |
20104 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20104/</relation><title>Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang)
</title><creator>PREMANA, HIMAWAN KRESNA </creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Dalam merencanakan perkerasan jalan harus memenuhi beberapa faktor, salah
satunya yaitu loading time yang dipengaruhi oleh kecepatan. Material aspal yang
bersifat viscoelastic menjadikan karakteristik lapisan beraspal sangat sensitif
terhadap lama pembebanan. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai nilai kekakuan
(stiffness) dan hubungannya dengan kecepatan kendaraan untuk mengetahui
pengaruhnya terhadap perubahan umur rencana jalan perlu dikembangkan dengan
cara melakukan sebuah penelitian simulasi tentang dampak lama pembebanan
(loading time) terhadap umur perkerasan jalan tersebut.
Data yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah data sekunder
yang diperoleh dari Dinas Jasa Marga Jawa Tengah. Data-data tersebut adalah
kecepatan rata-rata dari kendaraan, suhu udara rata-rata tahunan, lalu lintas harian
rata-rata, tebal, jenis dan karakteristik material perkerasan, dan sebagainya. Data
tersebut kemudian diolah menjadi data masukan dalam analisis menggunakan
Nottingham Design Method untuk mencari nilai yang dibutuhkan sebagai input ke
Program Bisar 3.0. kemudian menganalisis stress dan strain yang dipakai untuk
menghitung besarnya umur rencana perkerasan jalan.
Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi
kecepatan kendaraan yang melewati suatu jalan, maka umur pelayanannya (N)
semakin lama, pada kondisi fatigue cracking (retak lelah) maupun deformasi
permanen dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kecepatan, maka daya rusak yang
ditimbulkan terhadap jalan tersebut akan lebih rendah sehingga kemampuan jalan
untuk melayani lalu lintas akan semakin lama. Untuk hubungan kecepatan
kendaraan dengan umur perkerasan jalan, dapat dirumuskan sebagai berikut, Fatigue
kritis : y = 1,824ln(x) + 122,3; Fatigue gagal : y = 1,826ln(x) + 158,2; Deformasi
kritis : y = 1,775ln(x) + 57,18; Deformasi gagal : y = 1,779ln(x) + 95,13; Dimana y
adalah umur pelayanan jalan dan x adalah kecepatan kendaraan.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/1/3._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/2/4._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/3/5._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/5/6._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/6/7._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/8/10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/10/11._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/13/2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/26/8._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20104/27/9._BAB_VI.pdf</identifier><identifier> PREMANA, HIMAWAN KRESNA (2012) Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>D100070008</relation><recordID>20104</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
PREMANA, HIMAWAN KRESNA |
title |
Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang) |
publishDate |
2012 |
topic |
TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/20104/1/3._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/2/4._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/3/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/5/6._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/6/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/8/10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/10/11._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/13/2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/26/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/27/9._BAB_VI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20104/ |
contents |
Dalam merencanakan perkerasan jalan harus memenuhi beberapa faktor, salah
satunya yaitu loading time yang dipengaruhi oleh kecepatan. Material aspal yang
bersifat viscoelastic menjadikan karakteristik lapisan beraspal sangat sensitif
terhadap lama pembebanan. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai nilai kekakuan
(stiffness) dan hubungannya dengan kecepatan kendaraan untuk mengetahui
pengaruhnya terhadap perubahan umur rencana jalan perlu dikembangkan dengan
cara melakukan sebuah penelitian simulasi tentang dampak lama pembebanan
(loading time) terhadap umur perkerasan jalan tersebut.
Data yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah data sekunder
yang diperoleh dari Dinas Jasa Marga Jawa Tengah. Data-data tersebut adalah
kecepatan rata-rata dari kendaraan, suhu udara rata-rata tahunan, lalu lintas harian
rata-rata, tebal, jenis dan karakteristik material perkerasan, dan sebagainya. Data
tersebut kemudian diolah menjadi data masukan dalam analisis menggunakan
Nottingham Design Method untuk mencari nilai yang dibutuhkan sebagai input ke
Program Bisar 3.0. kemudian menganalisis stress dan strain yang dipakai untuk
menghitung besarnya umur rencana perkerasan jalan.
Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi
kecepatan kendaraan yang melewati suatu jalan, maka umur pelayanannya (N)
semakin lama, pada kondisi fatigue cracking (retak lelah) maupun deformasi
permanen dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kecepatan, maka daya rusak yang
ditimbulkan terhadap jalan tersebut akan lebih rendah sehingga kemampuan jalan
untuk melayani lalu lintas akan semakin lama. Untuk hubungan kecepatan
kendaraan dengan umur perkerasan jalan, dapat dirumuskan sebagai berikut, Fatigue
kritis : y = 1,824ln(x) + 122,3; Fatigue gagal : y = 1,826ln(x) + 158,2; Deformasi
kritis : y = 1,775ln(x) + 57,18; Deformasi gagal : y = 1,779ln(x) + 95,13; Dimana y
adalah umur pelayanan jalan dan x adalah kecepatan kendaraan.
|
id |
IOS2728.20104 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:26Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810725634179072 |
score |
17.538404 |