ctrlnum 20092
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20092/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 &#xD; (Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari) &#xD; </title><creator>RUHANI, ANNA WAHYU </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kemampuan sosial emosi anak perlu ditingkatkan, terutama adalah sikap toleransi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersikap toleransi melalui metode Bermain Peran. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas disebut juga Classroom Action Research ( CAR ). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, Andong, Boyolali tahun ajaran 2012 /2013, dan obyek penelitian ini adalah kemampuan bersikap toleransi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dilakukan dengan teknik diskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bersikap toleransi. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan bersikap toleransi anak sebelum tindakan adalah 40,86%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada siklus I hasil kemampuan bersikap toleansi anak meningkat menjadi 50,25% pada siklus II hasil kemampuan bersikap toleransi anak meningkat menjadi 70% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,25%. Secara keseluruhan dengan penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan bersikap toleransi anak didik di kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, kecamatan Andong, kabupaten Boyolali tahun ajaran 2012 / 2013&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> RUHANI, ANNA WAHYU (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 (Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53C090026</relation><recordID>20092</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RUHANI, ANNA WAHYU
title Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 (Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari)
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/20092/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/20092/
contents Kemampuan sosial emosi anak perlu ditingkatkan, terutama adalah sikap toleransi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersikap toleransi melalui metode Bermain Peran. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas disebut juga Classroom Action Research ( CAR ). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, Andong, Boyolali tahun ajaran 2012 /2013, dan obyek penelitian ini adalah kemampuan bersikap toleransi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dilakukan dengan teknik diskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bersikap toleransi. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan bersikap toleransi anak sebelum tindakan adalah 40,86%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada siklus I hasil kemampuan bersikap toleansi anak meningkat menjadi 50,25% pada siklus II hasil kemampuan bersikap toleransi anak meningkat menjadi 70% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,25%. Secara keseluruhan dengan penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan bersikap toleransi anak didik di kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, kecamatan Andong, kabupaten Boyolali tahun ajaran 2012 / 2013
id IOS2728.20092
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:26Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810725583847424
score 17.538404