Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 (Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari)
Main Author: | RUHANI, ANNA WAHYU |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20092/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/ |
ctrlnum |
20092 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20092/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 
(Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari) 
</title><creator>RUHANI, ANNA WAHYU </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kemampuan sosial emosi anak perlu ditingkatkan, terutama adalah sikap toleransi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersikap toleransi melalui metode Bermain Peran. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas disebut juga Classroom Action Research ( CAR ). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, Andong, Boyolali tahun ajaran 2012 /2013, dan obyek penelitian ini adalah kemampuan bersikap toleransi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dilakukan dengan teknik diskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bersikap toleransi. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan bersikap toleransi anak sebelum tindakan adalah 40,86%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada siklus I hasil kemampuan bersikap toleansi anak meningkat menjadi 50,25% pada siklus II hasil kemampuan bersikap toleransi anak meningkat menjadi 70% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,25%. Secara keseluruhan dengan penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan bersikap toleransi anak didik di kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, kecamatan Andong, kabupaten Boyolali tahun ajaran 2012 / 2013
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20092/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> RUHANI, ANNA WAHYU (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 (Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53C090026</relation><recordID>20092</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
RUHANI, ANNA WAHYU |
title |
Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013
(Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari) |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/20092/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/20092/ |
contents |
Kemampuan sosial emosi anak perlu ditingkatkan, terutama adalah sikap toleransi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersikap toleransi melalui metode Bermain Peran. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas disebut juga Classroom Action Research ( CAR ). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, Andong, Boyolali tahun ajaran 2012 /2013, dan obyek penelitian ini adalah kemampuan bersikap toleransi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dilakukan dengan teknik diskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bersikap toleransi. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan bersikap toleransi anak sebelum tindakan adalah 40,86%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada siklus I hasil kemampuan bersikap toleansi anak meningkat menjadi 50,25% pada siklus II hasil kemampuan bersikap toleransi anak meningkat menjadi 70% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,25%. Secara keseluruhan dengan penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan bersikap toleransi anak didik di kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, kecamatan Andong, kabupaten Boyolali tahun ajaran 2012 / 2013
|
id |
IOS2728.20092 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:26Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810725583847424 |
score |
17.538404 |