ctrlnum 19995
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19995/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan&#xD; Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu&#xD; Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012&#xD; </title><creator>SUPARMI, SUPARMI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan&#xD; pada anak usia 5-6 tahun di TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012 .&#xD; Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat&#xD; kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Subjek penelitian berjumlah 20&#xD; anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Teknik&#xD; pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan&#xD; dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini&#xD; menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia&#xD; kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti&#xD; Sebelum dilaksanakan penelitian tindakan Kelas rata rata kemampuan membaca&#xD; permulaan anak sebesar 47,85%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu&#xD; dengan menggunakan permainan flashcard dalam proses pembelajaran, kemampuan&#xD; membaca permulaan anak mengalami peningkatan pada setiap siklus . Siklus I rata-rata&#xD; kemampuan membaca anak menjadi 61,78%, siklus II meningkat menjadi 74,1% dan&#xD; pada siklus III menjadi 85,71%. Hasil penelitian tindakan kelas tersebut sudah memenuhi&#xD; indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka dapat&#xD; disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa melalui permainan&#xD; flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok&#xD; B TK Satu Atap SD Karangasem Kecamatan Andong tahun pelajaran 2011/2012 terbukti&#xD; dan dapat diterima kebenarannya. Oleh karena itu, para guru dan praktisi pendidikan&#xD; anak usia dini sebaiknya mengajarkan membaca dengan metode yang sesuai prinsip&#xD; PAUD, memberikan stimulasi membaca yang memperhatikan faktor-faktor&#xD; perkembangan anak dan dikemas secara menyenangkan.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/13/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf</identifier><identifier> SUPARMI, SUPARMI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53C090031</relation><recordID>19995</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SUPARMI, SUPARMI
title Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/19995/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/13/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19995/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012 . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Subjek penelitian berjumlah 20 anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti Sebelum dilaksanakan penelitian tindakan Kelas rata rata kemampuan membaca permulaan anak sebesar 47,85%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan permainan flashcard dalam proses pembelajaran, kemampuan membaca permulaan anak mengalami peningkatan pada setiap siklus . Siklus I rata-rata kemampuan membaca anak menjadi 61,78%, siklus II meningkat menjadi 74,1% dan pada siklus III menjadi 85,71%. Hasil penelitian tindakan kelas tersebut sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa melalui permainan flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem Kecamatan Andong tahun pelajaran 2011/2012 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Oleh karena itu, para guru dan praktisi pendidikan anak usia dini sebaiknya mengajarkan membaca dengan metode yang sesuai prinsip PAUD, memberikan stimulasi membaca yang memperhatikan faktor-faktor perkembangan anak dan dikemas secara menyenangkan.
id IOS2728.19995
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:20Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810724978819072
score 17.538404