Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | SUPARMI, SUPARMI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19995/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/13/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/ |
ctrlnum |
19995 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19995/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu
Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012
</title><creator>SUPARMI, SUPARMI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
pada anak usia 5-6 tahun di TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012 .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat
kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Subjek penelitian berjumlah 20
anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia
kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti
Sebelum dilaksanakan penelitian tindakan Kelas rata rata kemampuan membaca
permulaan anak sebesar 47,85%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu
dengan menggunakan permainan flashcard dalam proses pembelajaran, kemampuan
membaca permulaan anak mengalami peningkatan pada setiap siklus . Siklus I rata-rata
kemampuan membaca anak menjadi 61,78%, siklus II meningkat menjadi 74,1% dan
pada siklus III menjadi 85,71%. Hasil penelitian tindakan kelas tersebut sudah memenuhi
indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa melalui permainan
flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok
B TK Satu Atap SD Karangasem Kecamatan Andong tahun pelajaran 2011/2012 terbukti
dan dapat diterima kebenarannya. Oleh karena itu, para guru dan praktisi pendidikan
anak usia dini sebaiknya mengajarkan membaca dengan metode yang sesuai prinsip
PAUD, memberikan stimulasi membaca yang memperhatikan faktor-faktor
perkembangan anak dan dikemas secara menyenangkan.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19995/13/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf</identifier><identifier> SUPARMI, SUPARMI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53C090031</relation><recordID>19995</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SUPARMI, SUPARMI |
title |
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu
Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19995/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/13/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/19995/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
pada anak usia 5-6 tahun di TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012 .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat
kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Subjek penelitian berjumlah 20
anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia
kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti
Sebelum dilaksanakan penelitian tindakan Kelas rata rata kemampuan membaca
permulaan anak sebesar 47,85%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu
dengan menggunakan permainan flashcard dalam proses pembelajaran, kemampuan
membaca permulaan anak mengalami peningkatan pada setiap siklus . Siklus I rata-rata
kemampuan membaca anak menjadi 61,78%, siklus II meningkat menjadi 74,1% dan
pada siklus III menjadi 85,71%. Hasil penelitian tindakan kelas tersebut sudah memenuhi
indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa melalui permainan
flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok
B TK Satu Atap SD Karangasem Kecamatan Andong tahun pelajaran 2011/2012 terbukti
dan dapat diterima kebenarannya. Oleh karena itu, para guru dan praktisi pendidikan
anak usia dini sebaiknya mengajarkan membaca dengan metode yang sesuai prinsip
PAUD, memberikan stimulasi membaca yang memperhatikan faktor-faktor
perkembangan anak dan dikemas secara menyenangkan.
|
id |
IOS2728.19995 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:20Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810724978819072 |
score |
17.538404 |