Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode bercakap-cakap pada kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 20 anak. Data variabel kemampuan berkomunikasi dan data pelaksanaan bercakap-cakap. Data kemampuan berkomunikasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan sedangkan data pelaksanaan bercakap-cakap dikumpulkan melalui observasi yang berupa checklist. Data kemampuan berkomunikasi dianalisis menggunakan analisis komparatif dan data pelaksanaan bercakap-cakap dianalisis menggunakan analisis interaktif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berkomunikasi dari prasiklus sampai dengan siklus III, yakni rata-rata kemampuan berkomunikasi anak pada prasiklus 45,04%, pada siklus I mencapai 55,08%, pada siklus II mencapai 65%, dan pada siklus III mencapai 75,12%. Dengan demikian metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012.