ctrlnum 19905
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19905/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201</title><creator>Susilowati, Retna Tri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro&#xD; tahun 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada di kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro yang berjumlah 32 siswa. Dalam pengumpulan data, metode&#xD; yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II., metode&#xD; observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I, maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode. Dalam&#xD; proses analisa ada tiga komponen yang harus disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah : 1) data reduksi; 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkantan rata-rata yang diperoleh siswa. Pada data awal 61,09; kemudian pada test siklus pertama 70,78: pada siklus kedua menjadi 74,92. 2) adanya peningkatan prosentase&#xD; ketuntasan belajar siswa yang pada data awal hanya 46,87% dan pada test sisklus pertama 71,87% pada siklus Kedua menjadi 81,25%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro Tawangmangu tahun 2011/2012 .</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/12/Lampiran-lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/16/naskah_publikasi.pdf</identifier><identifier> Susilowati, Retna Tri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta. </identifier><relation>A510091085,</relation><recordID>19905</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Susilowati, Retna Tri
title Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19905/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/12/Lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/16/naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19905/
contents Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro tahun 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada di kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro yang berjumlah 32 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II., metode observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I, maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode. Dalam proses analisa ada tiga komponen yang harus disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah : 1) data reduksi; 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkantan rata-rata yang diperoleh siswa. Pada data awal 61,09; kemudian pada test siklus pertama 70,78: pada siklus kedua menjadi 74,92. 2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada data awal hanya 46,87% dan pada test sisklus pertama 71,87% pada siklus Kedua menjadi 81,25%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro Tawangmangu tahun 2011/2012 .
id IOS2728.19905
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:13Z
recordtype dc
_version_ 1765810724385325056
score 17.538404