Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201
Main Author: | Susilowati, Retna Tri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19905/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/12/Lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/16/naskah_publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/ |
ctrlnum |
19905 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19905/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201</title><creator>Susilowati, Retna Tri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro
tahun 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada di kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro yang berjumlah 32 siswa. Dalam pengumpulan data, metode
yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II., metode
observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I, maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode. Dalam
proses analisa ada tiga komponen yang harus disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah : 1) data reduksi; 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkantan rata-rata yang diperoleh siswa. Pada data awal 61,09; kemudian pada test siklus pertama 70,78: pada siklus kedua menjadi 74,92. 2) adanya peningkatan prosentase
ketuntasan belajar siswa yang pada data awal hanya 46,87% dan pada test sisklus pertama 71,87% pada siklus Kedua menjadi 81,25%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro Tawangmangu tahun 2011/2012 .</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/12/Lampiran-lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19905/16/naskah_publikasi.pdf</identifier><identifier> Susilowati, Retna Tri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta. </identifier><relation>A510091085,</relation><recordID>19905</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Susilowati, Retna Tri |
title |
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19905/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/12/Lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/16/naskah_publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19905/ |
contents |
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro
tahun 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada di kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro yang berjumlah 32 siswa. Dalam pengumpulan data, metode
yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II., metode
observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I, maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode. Dalam
proses analisa ada tiga komponen yang harus disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah : 1) data reduksi; 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkantan rata-rata yang diperoleh siswa. Pada data awal 61,09; kemudian pada test siklus pertama 70,78: pada siklus kedua menjadi 74,92. 2) adanya peningkatan prosentase
ketuntasan belajar siswa yang pada data awal hanya 46,87% dan pada test sisklus pertama 71,87% pada siklus Kedua menjadi 81,25%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro Tawangmangu tahun 2011/2012 . |
id |
IOS2728.19905 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:13Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810724385325056 |
score |
17.538404 |