Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2011/2012
Main Author: | CAHYANI , DYAH ARLIA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19899/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19899/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Surakarta tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyan 3 Surakarta Tahun 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 31 siswa sehingga semuanya dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara tertutup dengan skala Likert, dokumentasi dan wawancara. Uji instrumen, terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis, terdiri dari uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data, terdiri dari uji regresi linear sederhana, uji t, uji F dan R2. Simpulan: (1) Motivasi orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa, hal ini dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (7,055 > 2,045) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). (2) Besarnya kontribusi motivasi orang tua dalam menerangkan prestasi belajar matematika sebesar 0,632 atau 63,2% sedangkan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini