Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources(Talular) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Sedayu - Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: WIJAYANTI, SRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19866/1/03._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/5/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/7/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/9/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/13/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/15/02._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19866/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 3 Sedayu-Grobogan tahun pelajaran 2011/2012 melalui pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources (TALULAR). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Sedayu yang berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas isi instrumen diperiksa dengan menggunakan triangulasi teknik. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan dengan naiknya motivasi belajar siswa dari 12,31% pada saat sebelum tindakan (pra siklus) menjadi 75,61% pada saat setelah dilakukannya tindakan. Sedangkan peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan naiknya nilai rata-rata kelas siswa dari 61 pada pra siklus menjadi 82,07 pada saat setelah diberikan tindakan kelas. Dengan demikian kenaikan hasil belajar siswa adalah sebesar 34,61%. Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources (TALULAR)dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 3 Sedayu-Grobogan tahun pelajaran 2011/2012.