Pengaruh Penerapan Strategi Inquiring Mind Want To Know Dengan Card Sort Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP N 1 Geyer Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Putri, Niken Tri Utami
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19805/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19805/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Inquiring Mind Want To Know dengan Card Sort menggunakan media video materi Pengelolaan Lingkungan terhadap hasil belajar IPA biologi siswa kelas VII SMP N 1 Geyer Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan antara strategi pembelajaran Inquiring Mind Want To Know dan strategi pembelajaran Card Sort. Penelitian diukur dengan menggunakan aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif kelas menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Mind Want To Know (78.74), nilai rata-rata afektif (80,29), sedangkan nilai rata- rata konitif menggunakan strategi pembelajaran Card Sort (71.80) dan nilai rata-rata afektif (75,86). Hasil analisis data kognitif menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0.031 < 0.05, nilai probabilitas afektif 0.036 < 0.05, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Mind Want To Know dan strategi pembelajaran Card Sort pada pokok materi Pengelolaan Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 1 Geyer Tahun ajaran 2011/2012