Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Mojosongo Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Cahyani, Annisa Ika |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19744/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/2/03._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/5/04._BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/7/05._BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/13/06._BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/16/07._BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/20/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/25/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/ |
ctrlnum |
19744 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19744/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle
Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3
Mojosongo Tahun Ajaran 2011/2012
</title><creator> Cahyani, Annisa Ika </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
melalui penerapan Strategi Pembelajara Crossword Puzzle. Jenis penelitian pada
penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mojosongo yang berjumlah 36 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes,
metode dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan
adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin
keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga
dan Segiempat. Hal ini dapat dilihat dari : 1)Ketuntasan belajar siswa sebelum
adanya tindakan sebanyak 9 siswa (25%) dan diakhir tindakan mencapai 31 siswa
(86,11%), 2) Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum tindakan yaitu 88,3 dan
diakhir tindakan mencapai 100, 3) Nilai terendah yang diperoleh siswa sebelum
tindakan yaitu 42 dan diakhir tindakan mencapai 72, 4) Rata-rata nilai kelas
sebelum tindakan yaitu 65,08 dan diakhir tindakan mencapai 90,33, 5) Keaktifan
bertanya siswa sebelum adanya tindakan sebanyak 8 siswa (22,22%) dan diakhir
tindakan mencapai 29 siswa (80,56%), 6) Antusias mengerjakan soal dari guru
sebelum adanya tindakan sebanyak 10 siswa (22,78%) dan diakhir tindakan
mencapai 33 siswa (91,67%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan
Strategi Pembelajaran Crossword Puzle dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga dan Segiempat.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/2/03._BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/5/04._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/7/05._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/13/06._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/16/07._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/20/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/25/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Cahyani, Annisa Ika (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Mojosongo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080169</relation><recordID>19744</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Cahyani, Annisa Ika |
title |
Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle
Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3
Mojosongo Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19744/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/2/03._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/5/04._BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/7/05._BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/13/06._BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/16/07._BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/20/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/25/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19744/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
melalui penerapan Strategi Pembelajara Crossword Puzzle. Jenis penelitian pada
penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mojosongo yang berjumlah 36 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes,
metode dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan
adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin
keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga
dan Segiempat. Hal ini dapat dilihat dari : 1)Ketuntasan belajar siswa sebelum
adanya tindakan sebanyak 9 siswa (25%) dan diakhir tindakan mencapai 31 siswa
(86,11%), 2) Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum tindakan yaitu 88,3 dan
diakhir tindakan mencapai 100, 3) Nilai terendah yang diperoleh siswa sebelum
tindakan yaitu 42 dan diakhir tindakan mencapai 72, 4) Rata-rata nilai kelas
sebelum tindakan yaitu 65,08 dan diakhir tindakan mencapai 90,33, 5) Keaktifan
bertanya siswa sebelum adanya tindakan sebanyak 8 siswa (22,22%) dan diakhir
tindakan mencapai 29 siswa (80,56%), 6) Antusias mengerjakan soal dari guru
sebelum adanya tindakan sebanyak 10 siswa (22,78%) dan diakhir tindakan
mencapai 33 siswa (91,67%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan
Strategi Pembelajaran Crossword Puzle dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga dan Segiempat. |
id |
IOS2728.19744 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:05Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810723303194624 |
score |
17.538404 |