ctrlnum 19744
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19744/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle&#xD; Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika&#xD; Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3&#xD; Mojosongo Tahun Ajaran 2011/2012&#xD; </title><creator> Cahyani, Annisa Ika </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa&#xD; melalui penerapan Strategi Pembelajara Crossword Puzzle. Jenis penelitian pada&#xD; penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan&#xD; adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mojosongo yang berjumlah 36 siswa.&#xD; Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes,&#xD; metode dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan&#xD; adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin&#xD; keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan&#xD; adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga&#xD; dan Segiempat. Hal ini dapat dilihat dari : 1)Ketuntasan belajar siswa sebelum&#xD; adanya tindakan sebanyak 9 siswa (25%) dan diakhir tindakan mencapai 31 siswa&#xD; (86,11%), 2) Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum tindakan yaitu 88,3 dan&#xD; diakhir tindakan mencapai 100, 3) Nilai terendah yang diperoleh siswa sebelum&#xD; tindakan yaitu 42 dan diakhir tindakan mencapai 72, 4) Rata-rata nilai kelas&#xD; sebelum tindakan yaitu 65,08 dan diakhir tindakan mencapai 90,33, 5) Keaktifan&#xD; bertanya siswa sebelum adanya tindakan sebanyak 8 siswa (22,22%) dan diakhir&#xD; tindakan mencapai 29 siswa (80,56%), 6) Antusias mengerjakan soal dari guru&#xD; sebelum adanya tindakan sebanyak 10 siswa (22,78%) dan diakhir tindakan&#xD; mencapai 33 siswa (91,67%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan&#xD; Strategi Pembelajaran Crossword Puzle dapat meningkatkan hasil belajar&#xD; matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga dan Segiempat.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/2/03._BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/5/04._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/7/05._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/13/06._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/16/07._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/20/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19744/25/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Cahyani, Annisa Ika (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Mojosongo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080169</relation><recordID>19744</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Cahyani, Annisa Ika
title Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Mojosongo Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19744/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/2/03._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/5/04._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/7/05._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/13/06._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/16/07._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/20/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/25/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19744/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan Strategi Pembelajara Crossword Puzzle. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mojosongo yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga dan Segiempat. Hal ini dapat dilihat dari : 1)Ketuntasan belajar siswa sebelum adanya tindakan sebanyak 9 siswa (25%) dan diakhir tindakan mencapai 31 siswa (86,11%), 2) Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum tindakan yaitu 88,3 dan diakhir tindakan mencapai 100, 3) Nilai terendah yang diperoleh siswa sebelum tindakan yaitu 42 dan diakhir tindakan mencapai 72, 4) Rata-rata nilai kelas sebelum tindakan yaitu 65,08 dan diakhir tindakan mencapai 90,33, 5) Keaktifan bertanya siswa sebelum adanya tindakan sebanyak 8 siswa (22,22%) dan diakhir tindakan mencapai 29 siswa (80,56%), 6) Antusias mengerjakan soal dari guru sebelum adanya tindakan sebanyak 10 siswa (22,78%) dan diakhir tindakan mencapai 33 siswa (91,67%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzle dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga dan Segiempat.
id IOS2728.19744
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:05Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:08Z
recordtype dc
_version_ 1765810723303194624
score 17.538404