Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII E SMP Negri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2011/2012)
Main Author: | Muslim, Rachmat Imam |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19739/1/Hlaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/7/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/8/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/9/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19739/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran dengan menerapkan metode kooperatif tipe Teams Games Tournament. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali, yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diproleh adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 8.33% dan diakhir tindakan 72,22 %, b) antusias mengerjakan soal latian didepan kelas sebelum tindakan 11,11 % dan diakhir tindakan58,55%, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 22,22% dan diakhir tindakan 80,55%. Kesimpulan penelitian ini adalah metode kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.