ctrlnum 19722
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19722/</relation><title>Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011&#xD; </title><creator>Sa&#x2019;roni, Muhammad</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, 3) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 299 siswa. &#xD; Peneliti mengambil sampel sebanyak 60 siswa dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan persamaan garis regresi: Y = 15,016 + 0,999X1 + 0,734X2. 1) Hasil pengujian hipotesis pertama ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh thitung &gt; ttabel, yaitu 3,709 &gt; 2,002 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua ada pengaruh positif motivasi belajar &#xD; terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh thitung &gt; ttabel, yaitu 2,459 &gt; 2,002 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,017. 3) Pengujian hipotesis ketiga ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 16,373 &gt; 3,159 dan nilai signifikansi &lt;&#xD; 0,05, yaitu 0,000. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,365 menunjukkan bahwa besarnya sumbangan variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 36,5%, sisanya 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19722/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19722/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19722/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19722/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19722/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19722/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19722/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19722/11/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sa&#x2019;roni, Muhammad (2012) Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta. </identifier><relation>A210070043</relation><recordID>19722</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sa’roni, Muhammad
title Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19722/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19722/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19722/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19722/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19722/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19722/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19722/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19722/11/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19722/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, 3) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 299 siswa. Peneliti mengambil sampel sebanyak 60 siswa dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan persamaan garis regresi: Y = 15,016 + 0,999X1 + 0,734X2. 1) Hasil pengujian hipotesis pertama ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh thitung > ttabel, yaitu 3,709 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh thitung > ttabel, yaitu 2,459 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017. 3) Pengujian hipotesis ketiga ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel, yaitu 16,373 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,365 menunjukkan bahwa besarnya sumbangan variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 36,5%, sisanya 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
id IOS2728.19722
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:08Z
recordtype dc
_version_ 1765810723218259968
score 17.538404