ctrlnum 19719
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19719/</relation><title>Latar Belakang Dan Sikap Siswa Homeschooling&#xD; Terhadap Mata Pelajaran Matematika&#xD; (Studi Kasus pada Homeschooling Kak Seto (HSKS) Solo)&#xD; &#xD; </title><creator> Rahmawati, Ika </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang peserta&#xD; didik yang memilih pendidikan alternatif homeschooling dan sikap siswa yang&#xD; melaksanakan pendidikan alternatif homeschooling terhadap mata pelajaran&#xD; Matematika. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan&#xD; pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh dari angket, wawancara, observasi,&#xD; dan dokumentasi. Informan adalah kepala sekolah, tutor, siswa, dan orang tua siswa&#xD; Homeschooling Kak Seto (HSKS) Solo. Keabsahan data data dilakukan secara&#xD; triangulasi. Hasil penelitian (1) Orang tua siswa berasal dari golongan menengah ke&#xD; atas, 95% berprofesi sebagai pengusaha, dan berpendidikan tinggi. Alasan orang tua&#xD; dan siswa memilih homeschooling sebagai pendidikannya antara lain kesibukan siswa&#xD; di bidang non akademis, kendala fisik, penyakit tertentu, pembelajaran lebih&#xD; fleksibel, tidak puas dengan sistem pendidikan pada sekolah formal, dan sebagian&#xD; kecil yang kurang mampu bersosialisasi dengan lingkungan sosial; (2) Siswa mampu&#xD; mengahargai kegunaan Matematika dalam kehidupan sehari-hari, mandiri, dan tidak&#xD; mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sosial.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/2/03_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/5/04_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/7/05_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/13/06_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/16/07_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/17/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/18/09_LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19719/22/11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rahmawati, Ika (2012) Latar Belakang Dan Sikap Siswa Homeschooling Terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus pada Homeschooling Kak Seto (HSKS) Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080318</relation><recordID>19719</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rahmawati, Ika
title Latar Belakang Dan Sikap Siswa Homeschooling Terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus pada Homeschooling Kak Seto (HSKS) Solo)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19719/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/5/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/7/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/13/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/16/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/17/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/18/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/22/11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19719/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang peserta didik yang memilih pendidikan alternatif homeschooling dan sikap siswa yang melaksanakan pendidikan alternatif homeschooling terhadap mata pelajaran Matematika. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh dari angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan adalah kepala sekolah, tutor, siswa, dan orang tua siswa Homeschooling Kak Seto (HSKS) Solo. Keabsahan data data dilakukan secara triangulasi. Hasil penelitian (1) Orang tua siswa berasal dari golongan menengah ke atas, 95% berprofesi sebagai pengusaha, dan berpendidikan tinggi. Alasan orang tua dan siswa memilih homeschooling sebagai pendidikannya antara lain kesibukan siswa di bidang non akademis, kendala fisik, penyakit tertentu, pembelajaran lebih fleksibel, tidak puas dengan sistem pendidikan pada sekolah formal, dan sebagian kecil yang kurang mampu bersosialisasi dengan lingkungan sosial; (2) Siswa mampu mengahargai kegunaan Matematika dalam kehidupan sehari-hari, mandiri, dan tidak mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sosial.
id IOS2728.19719
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:08Z
recordtype dc
_version_ 1765810723210919936
score 17.538404