Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012)
Main Author: | Fatriani, Febri Sartika |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19704/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/2/bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/3/bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/4/bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/5/bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/6/bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/ |
ctrlnum |
19704 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19704/</relation><title>Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write 
( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus 
Tahun Ajaran 2011/2012)</title><creator>Fatriani, Febri Sartika</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kudus yang berjumlah 30 siswa dan subyek 
pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII C. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 46,67%, 2) kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebelum 
tindakan 10% dan setelah tindakan 40%, serta 3) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Talk Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/2/bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/3/bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/4/bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/5/bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/6/bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Fatriani, Febri Sartika (2012) Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta. </identifier><relation>A410080257</relation><recordID>19704</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Fatriani, Febri Sartika |
title |
Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write
( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus
Tahun Ajaran 2011/2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19704/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/2/bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/3/bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/4/bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/5/bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/6/bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19704/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kudus yang berjumlah 30 siswa dan subyek
pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII C. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 46,67%, 2) kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebelum
tindakan 10% dan setelah tindakan 40%, serta 3) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Talk Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
|
id |
IOS2728.19704 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810723157442560 |
score |
17.538404 |