Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Fatriani, Febri Sartika
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19704/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/2/bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/3/bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/4/bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/5/bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/6/bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/
ctrlnum 19704
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19704/</relation><title>Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write &#xD; ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus &#xD; Tahun Ajaran 2011/2012)</title><creator>Fatriani, Febri Sartika</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kudus yang berjumlah 30 siswa dan subyek &#xD; pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII C. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 46,67%, 2) kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebelum &#xD; tindakan 10% dan setelah tindakan 40%, serta 3) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Talk Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/2/bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/3/bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/4/bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/5/bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/6/bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19704/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Fatriani, Febri Sartika (2012) Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta. </identifier><relation>A410080257</relation><recordID>19704</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Fatriani, Febri Sartika
title Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19704/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/2/bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/3/bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/4/bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/5/bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/6/bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19704/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kudus yang berjumlah 30 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII C. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 46,67%, 2) kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%, serta 3) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Talk Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
id IOS2728.19704
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:05Z
recordtype dc
_version_ 1765810723157442560
score 17.538404