Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Dengan Bantuan Macromedia Flash Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Kartasura
Main Author: | Purwani, Purwani |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19693/1/halaman_depan.docx.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/14/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/16/Naskah_Publikasi.docx.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/ |
ctrlnum |
19693 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19693/</relation><title>Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Dengan Bantuan Macromedia Flash Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Kartasura

</title><creator>Purwani, Purwani</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi
pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Pengaruh aktivitas belajar
terhadap prestasi belajar matematika. (3) Interaksi antara strategi dan aktivitas
belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N
2 Kartasura. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, yang
terdiri dari 39 siswa sebagai eksperimen dan 41 siswa sebagai kontrol. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan dokumen.
Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama, yang
sebelumnya menggunakan uji prasarat analisis yang menggunakan metode
Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari
hasil analisis data diperoleh: (1) Terdapat pengaruh penggunaan strategi
Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan macromedia flash terhadap
prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan dan
volum kubus dan balok dengan Fhitung = 3,981. (2) Terdapat pengaruh aktivitas
belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan
luas permukaan dan volume kubus dan balok, dengan Fhitung = 14,49. (3) Tidak
ada interaksi antara strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
berbantukan macromedia flash dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar
siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok,
dengan Fhitung = 0,076. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran
matematika menggunakan strategi Numbeted Heads Together dengan bantuan
macromedia flash ditinjau dari aktivitas belajar berpengaruh terhadap prestasi
belajar matematika siswa</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/1/halaman_depan.docx.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/14/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/16/Naskah_Publikasi.docx.pdf</identifier><identifier> Purwani, Purwani (2012) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Dengan Bantuan Macromedia Flash Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080245</relation><recordID>19693</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Purwani, Purwani |
title |
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Dengan Bantuan Macromedia Flash Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Kartasura |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19693/1/halaman_depan.docx.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/14/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/16/Naskah_Publikasi.docx.pdf http://eprints.ums.ac.id/19693/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi
pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Pengaruh aktivitas belajar
terhadap prestasi belajar matematika. (3) Interaksi antara strategi dan aktivitas
belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N
2 Kartasura. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, yang
terdiri dari 39 siswa sebagai eksperimen dan 41 siswa sebagai kontrol. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan dokumen.
Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama, yang
sebelumnya menggunakan uji prasarat analisis yang menggunakan metode
Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari
hasil analisis data diperoleh: (1) Terdapat pengaruh penggunaan strategi
Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan macromedia flash terhadap
prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan dan
volum kubus dan balok dengan Fhitung = 3,981. (2) Terdapat pengaruh aktivitas
belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan
luas permukaan dan volume kubus dan balok, dengan Fhitung = 14,49. (3) Tidak
ada interaksi antara strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
berbantukan macromedia flash dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar
siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok,
dengan Fhitung = 0,076. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran
matematika menggunakan strategi Numbeted Heads Together dengan bantuan
macromedia flash ditinjau dari aktivitas belajar berpengaruh terhadap prestasi
belajar matematika siswa |
id |
IOS2728.19693 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810723116548096 |
score |
17.538404 |