Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Dengan Bantuan Macromedia Flash Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Kartasura

Main Author: Purwani, Purwani
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19693/1/halaman_depan.docx.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/14/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/16/Naskah_Publikasi.docx.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/
ctrlnum 19693
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19693/</relation><title>Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Dengan Bantuan Macromedia Flash Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Kartasura&#xD; &#xD; </title><creator>Purwani, Purwani</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi&#xD; pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Pengaruh aktivitas belajar&#xD; terhadap prestasi belajar matematika. (3) Interaksi antara strategi dan aktivitas&#xD; belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N&#xD; 2 Kartasura. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, yang&#xD; terdiri dari 39 siswa sebagai eksperimen dan 41 siswa sebagai kontrol. Teknik&#xD; pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode&#xD; pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan dokumen.&#xD; Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama, yang&#xD; sebelumnya menggunakan uji prasarat analisis yang menggunakan metode&#xD; Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari&#xD; hasil analisis data diperoleh: (1) Terdapat pengaruh penggunaan strategi&#xD; Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan macromedia flash terhadap&#xD; prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan dan&#xD; volum kubus dan balok dengan Fhitung = 3,981. (2) Terdapat pengaruh aktivitas&#xD; belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan&#xD; luas permukaan dan volume kubus dan balok, dengan Fhitung = 14,49. (3) Tidak&#xD; ada interaksi antara strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)&#xD; berbantukan macromedia flash dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar&#xD; siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok,&#xD; dengan Fhitung = 0,076. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran&#xD; matematika menggunakan strategi Numbeted Heads Together dengan bantuan&#xD; macromedia flash ditinjau dari aktivitas belajar berpengaruh terhadap prestasi&#xD; belajar matematika siswa</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/1/halaman_depan.docx.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/14/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19693/16/Naskah_Publikasi.docx.pdf</identifier><identifier> Purwani, Purwani (2012) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Dengan Bantuan Macromedia Flash Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080245</relation><recordID>19693</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Purwani, Purwani
title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Dengan Bantuan Macromedia Flash Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Kartasura
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19693/1/halaman_depan.docx.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/14/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/16/Naskah_Publikasi.docx.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19693/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. (3) Interaksi antara strategi dan aktivitas belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, yang terdiri dari 39 siswa sebagai eksperimen dan 41 siswa sebagai kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh: (1) Terdapat pengaruh penggunaan strategi Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volum kubus dan balok dengan Fhitung = 3,981. (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok, dengan Fhitung = 14,49. (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantukan macromedia flash dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok, dengan Fhitung = 0,076. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran matematika menggunakan strategi Numbeted Heads Together dengan bantuan macromedia flash ditinjau dari aktivitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa
id IOS2728.19693
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810723116548096
score 17.538404