Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Snowball Throwing (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2011 / 2012
Main Author: | Arini, Efie |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19685/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19685/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Snowball Throwing. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di Mts Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 20 orang dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII B.Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Snowball Throwing mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari aspek 1) Ada peningkatan kemauan siswa mengerjakan tugas, dari 30% menjadi 85%; 2) Ada dorongan siswa untuk menjawab pertanyaan dan soal, dari 20% menjadi 65%; 3) Ada peningkatan dorongan siswa menanyakan materi yang belum dimengerti, dari 20% menjadi 75%; 4) Ada peningkatan tercapainya kriteria ketuntasan minimum, dari 30% menjadi 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.