Peningkatan Keaktifan Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Rotating Trio Exchange (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 9 Jaten Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Prabaningrum, Sefria Anggun
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19682/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19682/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan komunikasi matematika melalui strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dalam pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 9 Jaten dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII yang berjumlah 26 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, wawancara. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan. 1. Keaktifan : a. Antusias mengajukan pertanyaan meningkat dari 11,5% menjadi 53,8%, b. Antusias menjawab pertanyaan meningkat dari 7,7% menjadi 46,2%, c. Antusias mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari 7,7% menjadi 57,7%. 2. Komunikasi : a. Mengemukakan pendapat meningkat dari 15,4% menjadi 46,2%, b. Mempresentasikan hasil pekerjaan meningkat dari 11,5% menjadi 61,5%, c. Bekerjasama dengan kelompok dari sebelum tindakan sebesar 26,9% menjadi 69,2%. Penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan komunikasi matematika siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan metode Rotating Trio Exchange.