Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII B Semester Genap SMP N 2 Manyaran Tahun Ajaran 2011/2012 )

Main Author: Ratnadewi, Citra Budhi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19659/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/18/dapus.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/20/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/28/naskahku.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19659/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran Modelling The Way. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dalaksanakan selama tiga siklus. Subjek pemberi tindakan adalah peneliti, subjek pembantu pelaksana adalah guru matematika dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP N 2 Manyaran yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data yang dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Modelling The Way terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa diamati dari 1) keaktifan siswa saat diskusi kelompok sebelum tindakan 25,8% dan setelah tindakan 80,64%, 2) keaktifan siswa saat mempresentasikan hasil diskusi kelompok sebelum tindakan 6,45% dan setelah tindakan 25,81%, 3) keaktifan siswa saat mengerjakan soal sebelum tindakan 19,35% dan setelah tindakan 64,52%.