Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 )
Main Author: | Wulandari, Rani Arum |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/2/BAB__I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/3/BAB__II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/4/BAB__III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/12/BAB__IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/14/BAB__V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/21/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/ |
ctrlnum |
19619 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19619/</relation><title>Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan
Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok
( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 )

</title><creator> Wulandari, Rani Arum </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan meningkatkan penggunaan Active Knowledge Sharing
dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk
meningkatkan pemahaman konsep luas dan volume pada kubus dan balok. Jenis
penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan
guru kelas VIII B, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah
guru kelas VIII B SMP Negeri 2 Gondang sebagai pemberi tindakan, serta siswa
kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan deskriptif kualitatif memakai metode alur. Hasil penelitian ini
menunjukkan : 1) adanya peningkatan kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana
pembelajaran dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 60%; 2) adanya
peningkatan kemampuan menggunakan model metematisasi dari sebelum tindakan
6,7% dan akhir tindakan 63,3%; 3) adanya peningkatan kemampuan dalam
menyelesaikan masalah dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 76,7%; dan 4)
adanya peningkatan kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi
mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh
dan non contoh dari konsep dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 93,3%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing
dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/2/BAB__I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/3/BAB__II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/4/BAB__III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/12/BAB__IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/14/BAB__V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/21/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Wulandari, Rani Arum (2012) Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070033</relation><recordID>19619</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Wulandari, Rani Arum |
title |
Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan
Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok
( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 ) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/2/BAB__I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/3/BAB__II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/4/BAB__III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/12/BAB__IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/14/BAB__V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/21/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19619/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan meningkatkan penggunaan Active Knowledge Sharing
dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk
meningkatkan pemahaman konsep luas dan volume pada kubus dan balok. Jenis
penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan
guru kelas VIII B, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah
guru kelas VIII B SMP Negeri 2 Gondang sebagai pemberi tindakan, serta siswa
kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan deskriptif kualitatif memakai metode alur. Hasil penelitian ini
menunjukkan : 1) adanya peningkatan kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana
pembelajaran dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 60%; 2) adanya
peningkatan kemampuan menggunakan model metematisasi dari sebelum tindakan
6,7% dan akhir tindakan 63,3%; 3) adanya peningkatan kemampuan dalam
menyelesaikan masalah dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 76,7%; dan 4)
adanya peningkatan kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi
mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh
dan non contoh dari konsep dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 93,3%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing
dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika. |
id |
IOS2728.19619 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:59Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810722604843008 |
score |
17.538404 |