Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 )

Main Author: Wulandari, Rani Arum
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/2/BAB__I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/3/BAB__II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/4/BAB__III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/12/BAB__IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/14/BAB__V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/21/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/
ctrlnum 19619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19619/</relation><title>Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan&#xD; Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok&#xD; ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 )&#xD; &#xD; </title><creator> Wulandari, Rani Arum </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan meningkatkan penggunaan Active Knowledge Sharing&#xD; dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk&#xD; meningkatkan pemahaman konsep luas dan volume pada kubus dan balok. Jenis&#xD; penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan&#xD; guru kelas VIII B, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah&#xD; guru kelas VIII B SMP Negeri 2 Gondang sebagai pemberi tindakan, serta siswa&#xD; kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik&#xD; pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik&#xD; analisis data dengan deskriptif kualitatif memakai metode alur. Hasil penelitian ini&#xD; menunjukkan : 1) adanya peningkatan kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana&#xD; pembelajaran dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 60%; 2) adanya&#xD; peningkatan kemampuan menggunakan model metematisasi dari sebelum tindakan&#xD; 6,7% dan akhir tindakan 63,3%; 3) adanya peningkatan kemampuan dalam&#xD; menyelesaikan masalah dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 76,7%; dan 4)&#xD; adanya peningkatan kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi&#xD; mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh&#xD; dan non contoh dari konsep dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 93,3%.&#xD; Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing&#xD; dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran&#xD; matematika.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/2/BAB__I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/3/BAB__II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/4/BAB__III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/12/BAB__IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/14/BAB__V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/21/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19619/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Wulandari, Rani Arum (2012) Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070033</relation><recordID>19619</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wulandari, Rani Arum
title Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 )
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/2/BAB__I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/3/BAB__II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/4/BAB__III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/12/BAB__IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/14/BAB__V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/21/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19619/
contents Penelitian ini bertujuan meningkatkan penggunaan Active Knowledge Sharing dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep luas dan volume pada kubus dan balok. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII B, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII B SMP Negeri 2 Gondang sebagai pemberi tindakan, serta siswa kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif memakai metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) adanya peningkatan kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 60%; 2) adanya peningkatan kemampuan menggunakan model metematisasi dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 63,3%; 3) adanya peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 76,7%; dan 4) adanya peningkatan kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 93,3%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
id IOS2728.19619
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:03Z
recordtype dc
_version_ 1765810722604843008
score 17.538404