ctrlnum 19615
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19615/</relation><title>Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan&#xD; Prestasi Belajar Matematika&#xD; (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)&#xD; &#xD; </title><creator>Purnomo, Afid </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam&#xD; pembelajaran matematika pada materi segitiga melalui metode kumon pada siswa&#xD; kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan&#xD; penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi,&#xD; refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode kumon yang dilaksanakan&#xD; dalam III siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, dan&#xD; dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik. Teknik&#xD; analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan&#xD; analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi&#xD; data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa&#xD; yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator prestasi belajar meliputi: 1)&#xD; menjawab dan mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 6,7%, siklus I&#xD; 18,5%, siklus II 27,5%, dan di akhir tindakan 37,9%, 2) mengkonstruksi soal ke&#xD; dalam model matematika sebelum tindakan 53,3%, siklus I 66,7%, siklus II&#xD; 79,3%, dan di akhir tindakan 93,1%, 3) menggunakan rumus secara tepat sebelum&#xD; tindakan 36,7%, siklus I 55,6%, siklus II 65,5%, dan di akhir tindakan 89,7%, 4)&#xD; melakukan perhitungan secara tepat sebelum tindakan 23,3%, siklus I 40,7%,&#xD; siklus II 55,2%, dan di akhir tindakan 82,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah&#xD; pembelajaran matematika melalui metode kumon dapat meningkatkan prestasi&#xD; belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/1/3_File_Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/3/4_File_BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/4/5_File_BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/6/6_File_BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/9/7_File_BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/15/8_File_BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/17/9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/23/10_Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/26/2_Naskah_Publikasi_kumon.pdf</identifier><identifier> Purnomo, Afid (2012) Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080041</relation><recordID>19615</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Purnomo, Afid
title Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19615/1/3_File_Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/3/4_File_BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/4/5_File_BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/6/6_File_BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/9/7_File_BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/15/8_File_BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/17/9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/23/10_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/26/2_Naskah_Publikasi_kumon.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19615/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga melalui metode kumon pada siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode kumon yang dilaksanakan dalam III siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator prestasi belajar meliputi: 1) menjawab dan mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 6,7%, siklus I 18,5%, siklus II 27,5%, dan di akhir tindakan 37,9%, 2) mengkonstruksi soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 53,3%, siklus I 66,7%, siklus II 79,3%, dan di akhir tindakan 93,1%, 3) menggunakan rumus secara tepat sebelum tindakan 36,7%, siklus I 55,6%, siklus II 65,5%, dan di akhir tindakan 89,7%, 4) melakukan perhitungan secara tepat sebelum tindakan 23,3%, siklus I 40,7%, siklus II 55,2%, dan di akhir tindakan 82,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui metode kumon dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.
id IOS2728.19615
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:03Z
recordtype dc
_version_ 1765810722591211520
score 17.538404