Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)
Main Author: | Purnomo, Afid |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19615/1/3_File_Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/3/4_File_BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/4/5_File_BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/6/6_File_BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/9/7_File_BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/15/8_File_BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/17/9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/23/10_Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/26/2_Naskah_Publikasi_kumon.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/ |
ctrlnum |
19615 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19615/</relation><title>Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan
Prestasi Belajar Matematika
(PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

</title><creator>Purnomo, Afid </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika pada materi segitiga melalui metode kumon pada siswa
kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi,
refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode kumon yang dilaksanakan
dalam III siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan
analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa
yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator prestasi belajar meliputi: 1)
menjawab dan mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 6,7%, siklus I
18,5%, siklus II 27,5%, dan di akhir tindakan 37,9%, 2) mengkonstruksi soal ke
dalam model matematika sebelum tindakan 53,3%, siklus I 66,7%, siklus II
79,3%, dan di akhir tindakan 93,1%, 3) menggunakan rumus secara tepat sebelum
tindakan 36,7%, siklus I 55,6%, siklus II 65,5%, dan di akhir tindakan 89,7%, 4)
melakukan perhitungan secara tepat sebelum tindakan 23,3%, siklus I 40,7%,
siklus II 55,2%, dan di akhir tindakan 82,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah
pembelajaran matematika melalui metode kumon dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/1/3_File_Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/3/4_File_BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/4/5_File_BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/6/6_File_BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/9/7_File_BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/15/8_File_BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/17/9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/23/10_Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19615/26/2_Naskah_Publikasi_kumon.pdf</identifier><identifier> Purnomo, Afid (2012) Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080041</relation><recordID>19615</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Purnomo, Afid |
title |
Efektifitas Metode Kumon Terhadap Peningkatan
Prestasi Belajar Matematika
(PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19615/1/3_File_Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/3/4_File_BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/4/5_File_BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/6/6_File_BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/9/7_File_BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/15/8_File_BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/17/9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/23/10_Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/26/2_Naskah_Publikasi_kumon.pdf http://eprints.ums.ac.id/19615/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika pada materi segitiga melalui metode kumon pada siswa
kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi,
refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode kumon yang dilaksanakan
dalam III siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan
analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa
yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator prestasi belajar meliputi: 1)
menjawab dan mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 6,7%, siklus I
18,5%, siklus II 27,5%, dan di akhir tindakan 37,9%, 2) mengkonstruksi soal ke
dalam model matematika sebelum tindakan 53,3%, siklus I 66,7%, siklus II
79,3%, dan di akhir tindakan 93,1%, 3) menggunakan rumus secara tepat sebelum
tindakan 36,7%, siklus I 55,6%, siklus II 65,5%, dan di akhir tindakan 89,7%, 4)
melakukan perhitungan secara tepat sebelum tindakan 23,3%, siklus I 40,7%,
siklus II 55,2%, dan di akhir tindakan 82,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah
pembelajaran matematika melalui metode kumon dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. |
id |
IOS2728.19615 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:59Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810722591211520 |
score |
17.538404 |