Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)
Main Author: | Rahmadani, Ratna |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19610/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/15/DAPUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/17/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/22/Nskh_abstrak_indo.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/ |
ctrlnum |
19610 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19610/</relation><title>Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika
Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial
Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)

</title><creator>Rahmadani, Ratna </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian mendeskripsikan 1) peningkatan motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry
type pictorial riddle, 2) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry type pictorial riddle.
Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek yang menerima
tindakan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan metode alur yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan motivasi belajar matematika, hal itu terlihat dari peningkatan
1) Antusias dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan sebesar 29,03%, di
akhir tindakan mencapai 74,19%. 2) Antusias mengerjakan soal diskusi sebelum
tindakan sebesar 12,9%, di akhir tindakan mencapai 45,16%. 3) Antusias
mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir
tindakan mencapai 41,94%. 4) Memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain
sebelum tindakan sebesar 6,45%, di akhir tindakan mencapai 24,14%, 5)
menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir tindakan
sebesar 32,25%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar matematika siswa.
Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar matematika siswa sebesar 54,84%,
di akhir tindakan mencapai 83,87%. Kesimpulan penelitian ini yaitu melalui
pembelajaran discovery inquiry type pictorial riddle dapat meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar matematika siswa.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/11/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/15/DAPUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/17/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/22/Nskh_abstrak_indo.pdf</identifier><identifier> Rahmadani, Ratna (2012) Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080335</relation><recordID>19610</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Rahmadani, Ratna |
title |
Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika
Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial
Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19610/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/15/DAPUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/17/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/22/Nskh_abstrak_indo.pdf http://eprints.ums.ac.id/19610/ |
contents |
Tujuan penelitian mendeskripsikan 1) peningkatan motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry
type pictorial riddle, 2) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry type pictorial riddle.
Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek yang menerima
tindakan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan metode alur yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan motivasi belajar matematika, hal itu terlihat dari peningkatan
1) Antusias dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan sebesar 29,03%, di
akhir tindakan mencapai 74,19%. 2) Antusias mengerjakan soal diskusi sebelum
tindakan sebesar 12,9%, di akhir tindakan mencapai 45,16%. 3) Antusias
mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir
tindakan mencapai 41,94%. 4) Memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain
sebelum tindakan sebesar 6,45%, di akhir tindakan mencapai 24,14%, 5)
menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir tindakan
sebesar 32,25%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar matematika siswa.
Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar matematika siswa sebesar 54,84%,
di akhir tindakan mencapai 83,87%. Kesimpulan penelitian ini yaitu melalui
pembelajaran discovery inquiry type pictorial riddle dapat meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar matematika siswa. |
id |
IOS2728.19610 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:59Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810722575482880 |
score |
17.538404 |