Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Rahmadani, Ratna
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19610/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/15/DAPUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/17/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/22/Nskh_abstrak_indo.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/
ctrlnum 19610
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19610/</relation><title>Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika&#xD; Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial&#xD; Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)&#xD; &#xD; </title><creator>Rahmadani, Ratna </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian mendeskripsikan 1) peningkatan motivasi belajar siswa&#xD; dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry&#xD; type pictorial riddle, 2) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran&#xD; matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry type pictorial riddle.&#xD; Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek yang menerima&#xD; tindakan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali. Metode&#xD; pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, wawancara&#xD; dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan metode alur yaitu reduksi&#xD; data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan&#xD; adanya peningkatan motivasi belajar matematika, hal itu terlihat dari peningkatan&#xD; 1) Antusias dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan sebesar 29,03%, di&#xD; akhir tindakan mencapai 74,19%. 2) Antusias mengerjakan soal diskusi sebelum&#xD; tindakan sebesar 12,9%, di akhir tindakan mencapai 45,16%. 3) Antusias&#xD; mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir&#xD; tindakan mencapai 41,94%. 4) Memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain&#xD; sebelum tindakan sebesar 6,45%, di akhir tindakan mencapai 24,14%, 5)&#xD; menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir tindakan&#xD; sebesar 32,25%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian&#xD; menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar matematika siswa.&#xD; Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar matematika siswa sebesar 54,84%,&#xD; di akhir tindakan mencapai 83,87%. Kesimpulan penelitian ini yaitu melalui&#xD; pembelajaran discovery inquiry type pictorial riddle dapat meningkatkan motivasi&#xD; dan prestasi belajar matematika siswa.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/11/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/15/DAPUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/17/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19610/22/Nskh_abstrak_indo.pdf</identifier><identifier> Rahmadani, Ratna (2012) Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080335</relation><recordID>19610</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rahmadani, Ratna
title Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19610/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/15/DAPUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/17/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/22/Nskh_abstrak_indo.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19610/
contents Tujuan penelitian mendeskripsikan 1) peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry type pictorial riddle, 2) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry type pictorial riddle. Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika, hal itu terlihat dari peningkatan 1) Antusias dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan sebesar 29,03%, di akhir tindakan mencapai 74,19%. 2) Antusias mengerjakan soal diskusi sebelum tindakan sebesar 12,9%, di akhir tindakan mencapai 45,16%. 3) Antusias mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir tindakan mencapai 41,94%. 4) Memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 6,45%, di akhir tindakan mencapai 24,14%, 5) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir tindakan sebesar 32,25%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar matematika siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar matematika siswa sebesar 54,84%, di akhir tindakan mencapai 83,87%. Kesimpulan penelitian ini yaitu melalui pembelajaran discovery inquiry type pictorial riddle dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa.
id IOS2728.19610
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:00Z
recordtype dc
_version_ 1765810722575482880
score 17.538404