Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Strategi Penemuan Terbimbing Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri 1 Tanon Sragen)

Main Author: Atmaja, Andrew Surya
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19609/1/3.Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/2/4.BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/7/5.BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/10/6.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/13/7.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/16/8.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/19/9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/22/10._LAmpiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/24/2._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/
ctrlnum 19609
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19609/</relation><title>Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Strategi Penemuan Terbimbing Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran &#xD; (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri 1 Tanon Sragen) &#xD; &#xD; </title><creator> Atmaja, Andrew Surya </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dengan strategi penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa sebaga media pembalajaran. Pendekatan penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII G MTs Negeri Tanon yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dengan strategi penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran yang meliputi : a) kreativitas siswa dalam merumuskan soal sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 0 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,8 %, b) siswa yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 6,06 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 72,7 %, c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 15,1 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 78,7 %, d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi pelajaran meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep, memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 21,2 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 81,8 %. (2) Adanya peningkatan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai siswa lebih dari sama 62 (&#x2265; 62) sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 45,4% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,8%</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/1/3.Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/2/4.BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/7/5.BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/10/6.BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/13/7.BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/16/8.BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/19/9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/22/10._LAmpiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19609/24/2._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Atmaja, Andrew Surya (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Strategi Penemuan Terbimbing Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri 1 Tanon Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070178</relation><recordID>19609</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Atmaja, Andrew Surya
title Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Strategi Penemuan Terbimbing Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri 1 Tanon Sragen)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19609/1/3.Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/2/4.BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/7/5.BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/10/6.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/13/7.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/16/8.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/19/9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/22/10._LAmpiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/24/2._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19609/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dengan strategi penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa sebaga media pembalajaran. Pendekatan penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII G MTs Negeri Tanon yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dengan strategi penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran yang meliputi : a) kreativitas siswa dalam merumuskan soal sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 0 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,8 %, b) siswa yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 6,06 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 72,7 %, c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 15,1 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 78,7 %, d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi pelajaran meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep, memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 21,2 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 81,8 %. (2) Adanya peningkatan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai siswa lebih dari sama 62 (≥ 62) sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 45,4% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,8%
id IOS2728.19609
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:00Z
recordtype dc
_version_ 1765810722571288576
score 17.538404