Penerapan Strategi Pembelajaran True or False Kolaborasi Small Group Discussion sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011
Main Author: | Lukitoaji, Beny Dwi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19597/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/2/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/4/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/8/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/10/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/13/8._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/15/9._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/17/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19597/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII B SMP Negeri 19 Surakarta tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran True or False kolaborasi Small Group Discussion. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: strategi ceramah disertai tanya jawab, diskusi kecil, tugas terstruktur. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran True or False kolaborasi Small Grouup Discussion. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 19 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran True or False kolaborasi Small Grouup Discussion keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII B SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011 dapat meningkat minimal 80% dari 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa di kelas VII B SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011 yaitu sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 8 siswa (25%). Siklus I meningkat menjadi 15 siswa (46,7%) dan siklus II meningkat menjadi 26 siswa (81,25%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan penerapan Strategi Pembelajaran True or False kolaborasi Small Group Discussion mampu Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya