Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Haryati, Dyah
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19560/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/4/03._BAB_I_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/5/04._BAB__II_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/6/05._BAB_III_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/7/06._BAB_IV_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/9/07._BAB_V_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/10/08._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/12/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/27/11._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/
ctrlnum 19560
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19560/</relation><title>Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Haryati, Dyah</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa Materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam &#xD; pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 JatipuroKaranganyar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan&#xD; menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang &#xD; berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan tes. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan &#xD; kostitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri &#xD; 2 Jatipuro Karanganyar mengalami peningkatan sebesar 75% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu dari 20 siswa yang tuntas dalam belajar hanya 6 (30%) siswa. setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan&#xD; dengan Team Quiz pda proses pembelajaran PKn materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama diperoleh hasil yaitu siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 11 (55%) siswa dan siklus II meningkat menjadi 16 (80%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan &#x201C;Diduga dengan penerapan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dapat meningkatkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam pembelajaran PKn &#xD; pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012&#x201D; terbukti dan diterima kebenaranya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan srategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz akan menyebabkan &#xD; semakin tinggi pula ketuntasan belajar siswa. Strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz merupakan faktor yang ikut mempengaruhi ketuntasan belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/4/03._BAB_I_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/5/04._BAB__II_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/6/05._BAB_III_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/7/06._BAB_IV_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/9/07._BAB_V_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/10/08._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/12/09._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/27/11._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Haryati, Dyah (2012) Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220080008</relation><recordID>19560</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Haryati, Dyah
title Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19560/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/4/03._BAB_I_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/5/04._BAB__II_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/6/05._BAB_III_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/7/06._BAB_IV_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/9/07._BAB_V_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/10/08._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/12/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/27/11._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19560/
contents Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa Materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 JatipuroKaranganyar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan tes. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan kostitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar mengalami peningkatan sebesar 75% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu dari 20 siswa yang tuntas dalam belajar hanya 6 (30%) siswa. setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz pda proses pembelajaran PKn materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama diperoleh hasil yaitu siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 11 (55%) siswa dan siklus II meningkat menjadi 16 (80%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dengan penerapan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dapat meningkatkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan diterima kebenaranya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan srategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz akan menyebabkan semakin tinggi pula ketuntasan belajar siswa. Strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz merupakan faktor yang ikut mempengaruhi ketuntasan belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn.
id IOS2728.19560
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810722375204864
score 17.538404