Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
ctrlnum |
19560 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19560/</relation><title>Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Haryati, Dyah</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa Materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam 
pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 JatipuroKaranganyar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang 
berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan tes. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan 
kostitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 
2 Jatipuro Karanganyar mengalami peningkatan sebesar 75% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu dari 20 siswa yang tuntas dalam belajar hanya 6 (30%) siswa. setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan
dengan Team Quiz pda proses pembelajaran PKn materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama diperoleh hasil yaitu siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 11 (55%) siswa dan siklus II meningkat menjadi 16 (80%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dengan penerapan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dapat meningkatkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam pembelajaran PKn 
pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan diterima kebenaranya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan srategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz akan menyebabkan 
semakin tinggi pula ketuntasan belajar siswa. Strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz merupakan faktor yang ikut mempengaruhi ketuntasan belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/4/03._BAB_I_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/5/04._BAB__II_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/6/05._BAB_III_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/7/06._BAB_IV_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/9/07._BAB_V_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/10/08._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/12/09._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19560/27/11._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Haryati, Dyah (2012) Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220080008</relation><recordID>19560</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Haryati, Dyah |
title |
Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Dikolaborasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII D Smp Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19560/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/4/03._BAB_I_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/5/04._BAB__II_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/6/05._BAB_III_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/7/06._BAB_IV_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/9/07._BAB_V_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/10/08._DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/12/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/27/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19560/ |
contents |
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa Materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam
pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 JatipuroKaranganyar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang
berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan tes. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan
kostitusi pertama melalui strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri
2 Jatipuro Karanganyar mengalami peningkatan sebesar 75% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu dari 20 siswa yang tuntas dalam belajar hanya 6 (30%) siswa. setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan
dengan Team Quiz pda proses pembelajaran PKn materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama diperoleh hasil yaitu siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 11 (55%) siswa dan siklus II meningkat menjadi 16 (80%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dengan penerapan strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz dapat meningkatkan ketuntasan belajar materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam pembelajaran PKn
pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan diterima kebenaranya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan srategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz akan menyebabkan
semakin tinggi pula ketuntasan belajar siswa. Strategi Small Group Discussion dikolaborasikan dengan Team Quiz merupakan faktor yang ikut mempengaruhi ketuntasan belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn. |
id |
IOS2728.19560 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810722375204864 |
score |
17.538404 |