Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif meminta dalam interaksi anak guru di TK Pertiwi 4 Sidoharjo, (2) Mengetahui strategi tindak tutur direktif meminta dalam interaksi anak guru di TK Pertiwi 4 Sidoharjo. Objek penelitian ini adalah tindak tutur direktif memintadalam interaksi anak guru di TK Pertiwi 4 Sidoharjo. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru di TK Pertiwi 4 Sidoharjo. Penelitian ini menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode baca markah dan metode padan dengan teknik Pilah Unsur Penentu. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk-bentuk realisasi tindak tutur direktif meminta dalam interaksi anak guru di TK Pertiwi 4 Sidoharjo Kabupaten Sragen direalisasikan dalam 5 modus yaitu modus memohon, modus meminta, modus merayu, modus menyuruh, dan modus memerintah. Dari kelima modus tersebut modus yang mendominasi adalah modus meminta yang sering dituturkan oleh anak-anak, hal ini dikarenakan anak-anak belum mampu melakukan suatu tindakan sendiri tanpa bantuan dari guru .(2) Strategi tindak tutur direktif meminta dalam interaksi anak guru di TK Pertiwi 4 Sidoharjo menggunakan strategi tindak tutur langsung dan tidak langsung. Strategi tindak tutur langsung lebih sering digunakan karena bertujuan untuk mempermudah pemahaman mitratutur.